Indonesia Perkenalkan CN-295 ke ASEAN - Kompas.com

Indonesia Perkenalkan CN-295 ke ASEAN

Kompas.com - 24/05/2013, 02:29 WIB

Manila, Kompas - Setelah terbang sekitar empat jam dari Manado, Sulawesi Utara, pesawat CN-295 milik TNI Angkatan Udara untuk pertama kalinya mendarat di Bandara Ninoy Aquino, Manila, Filipina, Kamis (23/5). Filipina menjadi negara pertama dari enam negara ASEAN yang akan dikunjungi CN-295 hingga 31 Mei 2013.

Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin yang memimpin kunjungan ini setiba di Filipina dijemput, antara lain, oleh Duta Besar Indonesia untuk Filipina Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo. Ikut dalam rombongan CN-295 antara lain Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dan Said Didu dari Tim Asistensi Komite Kebijakan Industri Pertahanan Bidang Kebijakan.

Kunjungan ke enam negara itu, tutur Sjafrie, untuk memperkuat kerja sama pertahanan dan memperkenalkan hasil produksi dalam negeri yang digunakan TNI. Enam negara itu adalah Filipina, Brunei, Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Malaysia. Selama di enam negara itu diadakan joy flight pesawat CN-295.

CN-295 adalah hasil kerja sama Airbus Military dan PT Dirgantara Indonesia. TNI memesan sembilan CN-295 dan dua di antaranya telah diterima. Indonesia juga menjadi main dealer CN-295 di Asia Pasifik.

”Kami memperkenalkan CN-295 sebagai bagian dari sistem pertahanan bersama di antara negara ASEAN. Kami percaya, penggunaan pesawat yang sama di wilayah ASEAN akan memperkuat kerja sama dan mengurangi biaya operasional serta pemeliharaan,” kata Sjafrie seperti dilaporkan wartawan Kompas, M Hernowo, Kamis.

”Saya bangga saat melihat CN-295 mendarat di Filipina karena Indonesia bisa membuatnya. Ini akan meningkatkan leverage (pengaruh) kita,” kata Kristiarto.

Manajer Pemasaran PT Dirgantara Indonesia Teguh Graito menuturkan, kunjungan ke Filipina itu juga untuk menjajaki penjualan CN-212 dan CN-235. Pemerintah Filipina telah menyatakan niatnya membeli kedua jenis pesawat tersebut.


Editor

Close Ads X