Kompas.com - 24/05/2013, 14:49 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata tak berjalan sendiri. Ia pun bisa dipadukan dengan hal lain seperti bisnis, budaya bahkan olahraga. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Sapta Nirwandar saat pembukaan Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2013 di Hall B Jakarta Covention Centre, Kamis (23/5/2013).

"Pariwisata bisa berkolaborasi dengan apa saja. Di Tapanuli pariwisata dapat berkolaborasi dengan budaya atau pariwisata berkolaborasi dengan olahraga atau disebut dengan sport tourism," ujar Sapta.

"Sport tourism juga memberikan informasi destinasi bagi daerah yang menyelenggarakan perlombaannya," sambungnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Sapta, banyak sport tourism yang akan digelar, seperti Tour de Singkarak di Sumatera Barat, Jakarta Marathon di Jakarta, serta Musi Triboatton di Palembang.

Sapta pun mengatakan bahwa pariwisata juga dapat dipadukan dengan agama melalui wisata ziarah ataupun mengunjungi tempat-tempat bersejarah. "Nanti kalau sudah dekat-dekat bulan puasa ada wisata ziarah," ujarnya.

Mendukung sport tourism, GWBN yang digelar pada 23-26 Mei 2013 tersebut juga diselenggarakan bersamaan dengan pameran InaSport ke-3 yang memamerkan segala produk-produk olahraga terutama aksesoris sepeda dan golf.

"InaSport diikuti oleh peralatan golf, sepeda seperti dari Indonesia, China dan Taiwan," ujar Ketua Penyelenggara GWBN 2013, Syukur Sakka.

Menurut Syukur, GWBN yang diselenggarakan untuk ke-11 kalinya ini merupakan pameran yang bertujuan untuk meningkatkan arus kunjungan wisata domestik maupun mancanegara ke Indonesia. "Walaupun pesertanya memang semua dari Indonesia tapi pengunjung bisa saja dari luar negeri," kata Syukur.

GWBN 2013 memamerkan potensi wisata seluruh provinsi di Indonesia, selain itu juga digelar presentasi dan talkshow potensi wisata unggulan serta pertunjukan seni budaya seperti festival daerah, peragaan busana pengantin serta batik untuk anak-anak. Kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.