Keeksotisan Pantai Nusa Kambangan - Kompas.com

Keeksotisan Pantai Nusa Kambangan

Kompas.com - 24/05/2013, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Teriknya matahari tidak terasa, terkalahkan oleh indah dan semilirnya angin di pesisir Pantai Pulau Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Nusa Kambangan adalah pulau di mana sebagian orang beranggapan sebagai pulau yang menyeramkan dengan seribu misteri di dalamnya.

Memang Nusa Kambangan lebih dikenal sebagai lokasi Lembaga Pemasyarakatan berkeamanan tinggi di Indonesia. Orang mengira, Nusa Kambangan menggambarkan kehidupan napi-napi kelas berat yang dibuang dan diasingkan di pulau terpencil ini. Kenyataannya tidaklah demikian karena di dalam pulau ini tersimpan beribu keindahan.

Menyeberang ke sisi timur pulau ini, terhampar lautan luas dan biru. Di sekelilingnya terdapat batu-batu karang yang menampakkan keindahan sekaligus kekokohan. Terdapat pula hutan di mana di dalamnya terdapat goa alami dan banyak sekali bungker-bungker peninggalan Belanda yang dikenal dengan nama Benteng Karang Bolong.

Benteng seluas 12.000 meter persegi ini memiliki banyak ruang serta dilengkapi meriam. Karena lokasinya yang bersebelahan dengan pantai dan memiliki terumbu yang berongga sehingga masyarakat menyebutnya Benteng Karang Bolong.

Di sekitar pantai, para wisatawan dapat menikmati pasir putih dan indahnya batu karang. Tidak hanya sampai Benteng Karang Bolong saja yang menarik, ada dua goa yang sangat luar biasa untuk dikunjungi di sini adalah Goa Nagaraja yang masih terdapat stalaktit dan terjaga kelembabannya serta sangat menyejukan. Selain itu terdapat pula Goa Wirya Lodra juga dengan stalaktit yang masih terjaga dan masih aktif.

nusakambangan
Pantai Nusa Kambangan. (Komunitas Mbangun Cilacap)

Untuk menuju lokasi ini hanya diperlukan waktu 15 menit menaiki perahu milik masyarakat sekitar pantai Teluk Penyu dengan hanya membayar Rp 10.000 saja.

Menginap

Untuk fasilitas menginap, terdapat Hotel Dafam Cilacap yang cuma ditempuh 15 menit dari Pantai Teluk Penyu. Menurut Public Relations Hotel Dafam Cilacap, Heni Febriyanti, Hotel Dafam Cilacap memiliki 102 kamar dan berbagai fasilitas lain yang sangat nyaman untuk menginap. "Berbagai tipe kamar dari yang standar hingga Royal Suite kami tawarkan," katanya.

Selain itu, Dafam Cilacap juga menawarkan aneka promo baik di food maupun di beverage-nya. "Jadi berkunjung ke Kota Cilacap tak perlu khawatir mencari tempat menginap karena Dafam mampu mengakomodir semua. Termasuk salah satunya berwisata ke Pulau Nusa Kambangan," kata Heni yang sudah sering berwisata ke Nusa Kambangan.

Menurut Heni, pihak hotel menawarkan “Nusa Kambangan Gateway Package" bertarif Rp 799.000. "Ini sudah termasuk proses pengantaran dan dipandu langsung menuju lokasi, baik susur hutan maupun susur pantai," tambah Heni.


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X