Kompas.com - 24/05/2013, 19:48 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempromosikan secara langsung potensi wisata tiga provinsi di Bali untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

"Selain meningkatkan kunjungan wisatawan asing, pemerintah juga berkomitmen meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, I Gusti Ngurah Putra di Denpasar, Jumat (24/5/2013).

Tiga provinsi yang dipromosikan secara langsung di Pulau Dewata itu adalah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Maluku Utara.

Promosi tersebut diharapkan dapat menarik masyarakat yang ada di Bali atau pelancong yang sedang berkunjung, sekaligus memberikan pemahaman bahwa masih banyak destinasi lain yang menarik di luar Bali seperti di tiga provinsi itu.

Ngurah Putra mengatakan, tahun ini pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sebanyak sembilan juta orang atau meningkat satu juta orang dibandingkan target tahun sebelumnya.

Pergerakan wisatawan nusantara pada 2012 mencapai 245 juta, sedangkan target wisatawan nusantara yang ditetapkan untuk tahun ini naik menjadi 250 juta pergerakan.

"Dari data Badan Pusat Statistik, jumlah pengeluaran wisatawan tahun 2012 mencapai Rp 171,5 triliun dengan rata-rata pengeluaran tiap wisatawan nusantara saat melaksanakan perjalanan membelanjakan uangnya mencapai Rp 700 ribu," ujarnya.

Pada acara promosi ini hadir 53 industri pariwisata yang terdiri dari 20 pelaku usaha dari Maluku dan Maluku Utara serta 33 industri pariwisata dari Nusa Tenggara Timur, serta akan bertemu dengan 112 pembeli (buyers) dari Bali, Jawa Timur, Makassar dan Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.