Museum Vredeburg Dipadati Wisatawan

Kompas.com - 25/05/2013, 18:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Museum Benteng Vredeburg di Kota Yogyakarta dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara pada libur akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak. "Saat ini kunjungan meningkat 1.000 orang dari hari biasa," kata Koordinator Bimbingan dan Edukasi Museum Benteng Vredeburg, Muhammad Rosyid Ridlo di Yogyakarta, Sabtu (25/5/2013).

Sampai pukul 15.00 WIB jumlah sementara pengunjung, baik yang rombongan maupun individu mencapai 1.750 orang. Jumlah itu meningkat dari jumlah kunjungan hari biasa yang rata-rata hanya mencapai 500 hingga 800 orang. "Dalam satu hari penuh nanti, kami memperkirakan bisa mencapai 2.000 pengunjung," katanya.

Sementara itu, menurut Rosyid, dari jumlah tersebut, kunjungan wisatawan mancanegara masih relatif sedikit. "Kalau untuk wisman kurang lebih sekitar 10 persen,"katanya.

Menurut dia, banyaknya jumlah kunjungan tersebut diharapkan dapat membantu pemenuhan target tahunan. Jumlah kunjungan Museum Benteng Vredeburg untuk 2013 ditargetkan 250.000 orang yang meningkat dari 2012 dengan target 240.000 orang.

Hingga saat ini, tiket masih dijual dengan tarif Rp 1.000 untuk kategori anak-nak, dan Rp 2.000 untuk kategori dewasa. Sementara bagi wisatawan mancanegara dijual dengan tarif Rp 10.000 per orang.

Pada 2012, museum yang terletak di kawasan Malioboro ini telah dilakukan beberapa revitalisasi dan penambahan sarana serta prasarana. Revitalisasi yang telah dilakukan di antaranya penataan kembali tata pameran di ruang diorama dengan melengkapi perangkat digital berupa layar sentuh berisi alur cerita.

Selain itu, di depan gerbang museum juga telah dibuat "jagangan" atau selokan yang disesuaikan dengan kondisi awal Benteng Vredeburg dibangun. "Beberapa revitalisasi yang telah dilakukan berdampak peningkatan minat pengunjung yang rata-rata tertarik dengan suasana asli bangunan zaman Belanda," kata Rosyid.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X