Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Bersama Pariwisata Berdampak Positif

Kompas.com - 26/05/2013, 18:11 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Pelaku usaha pariwisata menginginkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus memfasilitasi pemerintah daerah untuk menggelar promosi potensi wisata bersama. "Promosi langsung dengan memperkenalkan potensi wisata tiga provinsi di Indonesia timur memberikan dampak yang positif," kata Ketua Nusantara Tourism Promo (NTP), Amos Lilo di Denpasar, Bali, Minggu (26/5/2013).

Tiga provinsi yang dipromosikan secara langsung di Denpasar beberapa waktu lalu oleh Kemenparekraf itu adalah Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Maluku Utara.

Menurut Amos, saat ini turis asing ke NTT mengalami peningkatan yang cukup berarti. Peningkatan itu juga diimbangi adanya penerbangan langsung dari Australia menuju beberapa kota di NTT. Sementara itu, Kemenparekraf menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan nusantara ke wilayah Indonesia timur menjadi 700 ribu orang.

"Salah satu upaya kami meningkatkan jumlah pelancong domestik adalah dengan mempromosikan secara langsung beberapa daerah potensi di kawasan Indonesia timur," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, I Gusti Ngurah Putra.

Promosi secara langsung tersebut memang selalu dipilih di Bali karena daerah tersebut merupakan jendela Indonesia di mata dunia. Promosi tersebut diharapkan dapat menarik masyarakat yang ada di Bali atau pelancong yang sedang berkunjung, sekaligus memberikan pemahaman bahwa masih banyak destinasi lain yang menarik di luar Pulau Dewata, seperti di tiga provinsi di Indonesia timur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com