Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Manado Akan Membangun Kebun Binatang

Kompas.com - 27/05/2013, 15:47 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan membangun kebun binatang untuk mendukung visi dan misi sebagai kota ekowisata. "Ada dua lokasi yang menjadi pilihan, yakni Pulau Manado Tua, di Kecamatan Bunaken Kepulauan dan Gunung Tumpa, di Manado daratan," kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut, di Manado, Minggu (26/5/2013).

Rencana untuk membangun kebun binatang tersebut nantinya akan mendukung Manado sebagai salah satu dari 10 kota tujuan wisata di Indonesia serta memperkaya obyek pariwisata di kota ini.

Menurut Vicky, obyek wisata bawah air yakni Taman Nasional Laut Bunaken yang berada di tiga lokasi, yakni Manado Tua, Bunaken, dan Siladen, perlu pendukung yaitu sebuah obyek wisata baru.

"Di Manado Tua perlu ada obyek wisata yang punya daya tarik baru, yaitu kebun binatang, sehingga turis memiliki pilihan dan tidak bosan," kata Vicky.

Bahkan untuk mendukung rencana tersebut, Wali Kota Vicky mengatakan, investor yang mau membangun lokasi wisata tersebut akan diberikan kemudahan agar bisa membangun dengan cepat tanpa hambatan.

Vicky sudah mengingatkan masyarakat dan pemerintah di kelurahan dan kecamatan agar tidak menghambat investor yang nantinya akan membangun dengan menjual tanah dengan harga tinggi.

Menurut Vicky, dengan membantu memberikan kemudahan bagi para investor untuk membangun kebun binatang, maka nantinya yang akan diuntungkan adalah masyarakat sebab akan tercipta lapangan kerja baru. "Dan banyak orang akan berkunjung ke Manado Tua, tentu akan berdampak sangat positif bagi perkembangan masyarakat pulau ini nantinya, juga di tempat ini akan dibangun cottage," ujar Vicky.

Bahkan dia menegaskan, jika nanti pembangunannya selesai dilakukan, maka yang akan diprioritaskan bekerja di situ adalah para tenaga kerja dari Manado Tua sehingga benar-benar membantu warga pulau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com