Kompas.com - 28/05/2013, 15:30 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Para pengelola obyek wisata Daerah Istimewa Yogyakarta perlu lebih serius dalam menjaring wisatawan pelajar setiap musim libur sekolah yang semakin banyak jumlahnya berkunjung ke daerah ini.

"Apalagi obyek Wisata pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki prospek baik bagi kunjungan wisatawan pelajar. Saat ini kunjungan wisata bagi pelajar sudah menjadi kebutuhan," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Selasa (28/5/2013).

Menurut Widi, potensi pelajar sangat besar sebagai pasar wisata pendidikan, apalagi jika sekolah menjadikan program studi tur sebagai bagian dari pembelajaran selama mereka menempuh pendidikan di sekolah.

Dengan pergerakan pelajar sekolah ke berbagai daerah di Indonesia, maka DIY akan selalu dibanjiri kunjungan pelajar karena daerah itu merupakan termasuk destinasi wisata unggulan di Nusantara yang memiliki ragam wisata.

"Jadi bisa dibayangkan nilai rupiah yang beredar karena dibelanjakan oleh para pelajar yang tengah berwisata di DIY,"  kata Widi.

Widi memaparkan, perjalanan wisata para pelajar tersebut diharapkan mampu menggerakkan ekonomi rakyat di obyek wisata yang ada di DIY, sekaligus membuka kantong seni dan budaya di daerah ini yang sampai kini masih dilestarikan masyarakat setempat.

"Melalui promosi yang gencar, maka program wisata pendidikan yang dilaksanakan pada masa libur sekolah dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di sekitar obyek wisata," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X