Kompas.com - 30/05/2013, 12:58 WIB
|
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu jaringan maskapai internasional Lufthansa, dengan bermitra bersama beberapa maskapai meluncurkan rute baru ke Eropa. Rute ini berangkat dari enam kota di Indonesia.

"Ini salah satu strategi untuk mengambil pasar dari Indonesia. Kami memberikan para pelanggan pilihan maskapai yang mereka gunakan," ujar General Manager Indonesia untuk Lufthansa, Leandro Tonidandel, saat ditemui di sela-sela jumpa pers di East Building, Kuningan, Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Ia menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan beberapa maskapai seperti Singapore Airlines, Thai Airways, dan juga Garuda Indonesia untuk melayani para penumpang dari Indonesia dengan tujuan ke Eropa.

Enam kota yang melayani rute tujuan Eropa, lanjut Leandro, antara lain Jakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Medan, dan Balikpapan. Namun, ini bukanlah penerbangan langsung, melainkan penumpang harus transit terlebih dahulu melalui Singapura atau Bangkok.

"Sebelumnya kami pun merupakan salah satu maskapai yang memiliki koneksi terbesar di Eropa, yang juga memiiki rute ke Afrika, Amerika Selatan, dan juga Asia seperti Korea, Jepang, China dan Hongkong," katanya.

Ia menambahkan, maskapai Lufthansa melayani para penumpang di kelas ekonomi dan bisnis. Sedangkan untuk kenyamanan penumpang, beberapa maskapai melayani penerbangan malam hari agar dapat sampai di Eropa pada pagi hari. Sehingga, dapat penumpang dapat menghemat waktu dan memaksimalkan perjalanan selama di Eropa.

"Terbang dari manapun di Indonesia, Anda bisa sampai dengan cepat. Maskapai SWISS yang masuk dalam grup Lufthansa, terbang dari Singapura. Maskapai ini berangkat pada malam hari dan sampai di Eropa pagi hari. Biasanya banyak penumpang dengan tujuan bisnis," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.