Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Senang Melancong ke Eropa

Kompas.com - 30/05/2013, 13:39 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  Kota-kota di Eropa sering kali menjadi destinasi wisata orang Indonesia untuk berlibur maupun melakukan keperluan bisnis.

"Orang Indonesia senang traveling ke tempat-tempat terkenal di Eropa, seperti London, Paris, dan kota-kota Eropa Barat lainnya," papar General Manager Indonesia untuk Lufthansa German Airlines, Leandro Tonidandel, saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Adapun, lanjut Leondro, empat negara yang menjadi favorit wisatawan Indonesia adalah Inggris, Perancis, Belanda, dan juga Jerman. Selain itu, beberapa perekonomian masyarakat di kota-kota besar Indonesia sedang berkembang.

"Jakarta adalah pasar kita terbesar untuk saat ini, diikuti oleh Surabaya, Bali, Balikpapan, dan Medan. Semarang juga sedang berkembang untuk disasar sebagai pasar Eropa," kata Leondro.

Menurut Leondro, perekonomian Indonesia yang cukup kuat menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar untuk bisa mendatangkan turis ke Eropa. Hal ini pun terlihat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng sebagai salah satu dari 10 bandara tersibuk di dunia.

"Lalu lintas udara di Indonesia merupakan salah satu yang terpadat," imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk dapat memasarkan kota-kota destinasi di Eropa, peran biro perjalanan wisata pun sangat besar. Sebab, lanjutnya, sebagian besar wisatawan Indonesia yang pergi ke Eropa menggunakan jasa biro perjalanan wisata.

"Travel agent menjadi hal penting dalam memberikan informasi, terutama dalam memberi edukasi pemesanan tiket," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com