Kompas.com - 30/05/2013, 13:39 WIB
|
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com  Kota-kota di Eropa sering kali menjadi destinasi wisata orang Indonesia untuk berlibur maupun melakukan keperluan bisnis.

"Orang Indonesia senang traveling ke tempat-tempat terkenal di Eropa, seperti London, Paris, dan kota-kota Eropa Barat lainnya," papar General Manager Indonesia untuk Lufthansa German Airlines, Leandro Tonidandel, saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Adapun, lanjut Leondro, empat negara yang menjadi favorit wisatawan Indonesia adalah Inggris, Perancis, Belanda, dan juga Jerman. Selain itu, beberapa perekonomian masyarakat di kota-kota besar Indonesia sedang berkembang.

"Jakarta adalah pasar kita terbesar untuk saat ini, diikuti oleh Surabaya, Bali, Balikpapan, dan Medan. Semarang juga sedang berkembang untuk disasar sebagai pasar Eropa," kata Leondro.

Menurut Leondro, perekonomian Indonesia yang cukup kuat menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar untuk bisa mendatangkan turis ke Eropa. Hal ini pun terlihat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng sebagai salah satu dari 10 bandara tersibuk di dunia.

"Lalu lintas udara di Indonesia merupakan salah satu yang terpadat," imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk dapat memasarkan kota-kota destinasi di Eropa, peran biro perjalanan wisata pun sangat besar. Sebab, lanjutnya, sebagian besar wisatawan Indonesia yang pergi ke Eropa menggunakan jasa biro perjalanan wisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Travel agent menjadi hal penting dalam memberikan informasi, terutama dalam memberi edukasi pemesanan tiket," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.