Kompas.com - 30/05/2013, 21:53 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Urusan membawa baju menjadi hal krusial saat melakukan perjalanan. Tak masalah jika Anda berwisata hanya dua malam saja.

Tetapi bagaimana kalau perjalanan wisata Anda berlangsung selama seminggu atau bahkan lebih? Berikut kiat sederhana mengenai tentang pakaian dan mencucinya selama berlibur ke luar kota atau negeri.

Rencanakan dulu.
Ke mana tujuan Anda pergi dan apa saja yang akan Anda lakukan? Ini yang perlu Anda ingat saat memilih pakaian yang akan Anda bawa. Cuci dan setrika baju yang akan Anda bawa beberapa hari sebelum berangkat.

Lalu pisahkan baju-baju tersebut dengan baju-baju Anda yang lain. Hitung kembali berapa banyak pakaian dalam yang perlu Anda bawa. Jika tak ingin terlalu banyak membawa celana dalam, Anda bisa bawa disposable underwear atau celana dalam sekali pakai.

Tak perlu membawa gaun, jika tujuan Anda hanya berleha-leha di pantai. Tetapi jika Anda berniat makan malam di salah satu restoran fine dining, maka sepotong gaun sederhana bisa menjadi pilihan. Untuk lelaki, kemeja dengan dasi bisa Anda bawa.

Hitung kembali berapa kaus yang akan Anda perlukan, begitu pula dengan celana pendek dan celana panjang. Misalnya kaus selama jalan-jalan, Anda butuhkan sebanyak Anda menghabiskan hari. Jika lima hari, maka bawa lima kaus.

Lalu kaus dan celana untuk tidur, cukup bawa satu atau dua pasang saja. Ingat jangan bawa berlebihan. Dalam kondisi tertentu, Anda bisa membeli baju dan celana di daerah tujuan wisata Anda.

Pertimbangkan membawa jaket. Minimal akan Anda pakai saat di dalam pesawat. Lalu sepatu, sandal jepit, dan kaus kaki. Cukup bawa satu sepatu olahraga yang nyaman dipakai saat berjalan kaki dan satu sandal jepit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis kain. Bawa baju dengan bahan-bahan ringan. Jangan bawa baju berbahan wol yang berat. Kecuali Anda bermaksud berlibur saat musim salju di luar negeri.

Pilih juga baju yang terbuat dari kain yang tak mudah kusut, misalnya jenis rayon, shiffon, atau kain polyester. Selain lebih mudah kering setelah dicuci, bahan-bahan ini juga tak mudah kusut saat ditaruh di dalam tas.

Laundry. Setiap hotel berbintang pasti menyediakan fasilitas laundry. Jika Anda kehabisan baju, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini. Biasanya, hanya dalam sehari, baju-baju Anda sudah kering dan rapi disetrika.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.