Kompas.com - 03/06/2013, 09:47 WIB
|
Editorkadek

PASAMAN, KOMPAS.com — Kabupaten Pasaman yang berada Provinsi Sumatera Barat, diapit oleh dua kota besar yaitu Kota Medan, Sumatera Utara, dan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Oleh karena itu, Pasaman sering kali hanya menjadi daerah perlintasan oleh wisatawan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Pasaman Benny Utama, di sela-sela jamuan makan siang seusai etape pertama ajang balap sepeda internasional "Tour de Singkarak 2013" di Monumen Imam Bonjol, Pasaman, Minggu (2/6/2013).

"Pasaman memiliki obyek wisata yang tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata," ungkapnya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam kesempatan yang sama, juga menuturkan hal senada. Menurutnya, salah satu keunikan Pasaman adalah adanya Tugu Khatulistiwa di kabupaten tersebut. Pasaman memang tepat dilewati garis khatulistiwa.

"Di antara 500 kota dan kabupaten di Indonesia, cuma ada 2 tugu khatulistiwa, di Pontianak dan Pasaman," kata Sapta.

Obyek wisata lainnya, seperti dituturkan Benny, adalah cagar alam, sumber air panas alami dan desa wisata. Ia menambahkan Desa Wisata Padang Sarai terkenal dengan kerajinan sulaman jilbab mukena.

"Kami juga punya tari-tarian (khas) yang waktu itu tampil saat launching Tour de Singkarak di Monas (Jakarta)," kata Benny.

Sementara itu, untuk akomodasi di Pasaman, Benny mengakui baru-baru ini baru dibuka wisma yang dikelola pengusaha lokal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.