Kompas.com - 03/06/2013, 14:35 WIB
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com — "Menakjubkan dan pemandangannya sangat indah." Ucapan ini meluncur dari mulut Ketua Umum Asosiasi Selancar Indonesia, Jero Made Supatra Karang, saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata Pantai Pulau Merah.

Dengan ditemani anggota keluarganya, pria asal Bali ini berkunjung ke kawasan wisata yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk menyaksikan kompetisi internasional selancar yang berlangsung 24-26 Mei 2013.

"Saya sudah berkeliling ke banyak negara untuk menyaksikan perlombaan surfing (selancar), tapi hanya sedikit pantai di negara-negara lain yang pemandangannya seperti di sini (Pulau Merah)," tambah Jero, akhir pekan lalu.

Bahkan, Jero berani menyejajarkan pemandangan Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, dengan salah satu kawasan wisata pantai yang terdapat di negara Amerika Latin, Brasil, yang juga sangat terkenal dengan keindahan pantai-pantainya untuk para pehobi selancar.

Salah satu kelebihan dari Pantai Pulau Merah adalah terdapatnya gugusan pulau sehingga sejauh mata memandang tidak langsung disuguhi lautan lepas.

Saat musim kemarau tiba, pulau-pulau itu tampak memantulkan cahaya kemerahan ketika terkena sinar matahari, terutama pada sore menjelang matahari terbenam.

Untuk penggemar olahraga selancar, ombak di Pantai Pulau Merah yang masuk wilayah Pantai Selatan juga sangat menantang meskipun tidak setinggi ombak di Pantai Plengkung, yang lokasinya beberapa puluh kilometer dari Pulau Merah. Pantai Plengkung oleh wisatawan mancanegara dikenal dengan nama G-Land.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.