Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Keluhkan Kondisi Bandara Soekarno Hatta

Kompas.com - 04/06/2013, 08:54 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepadatan di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng sering kali menjadi keluhan para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua ASITA (Association of the Indonesia Tours and Travel) Jakarta, Rudiana.

"Keluhan wisman (wisatawan mancanegara) terutama di infrastruktur seperti Bandara Soekarno Hatta karena hari biasa saja bukan main padatnya. Semua mengeluh soal bandara ini," ungkap Rudiana saat jumpa pers "Evaluasi Pencapaian Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara bulan April 2013", di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/6/2013).

Beberapa biro perjalanan wisata Indonesia, lanjut Rudiana, sering kali mengalami keterlambatan saat membawa turis asing, akibat kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta. "Apalagi kalau ada hari libur kejepit. Itu bandara sudah seperti terminal," ungkap Rudiana.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu pada kesempatan yang sama menuturkan bahwa masalah utama pariwisata di Indonesia adalah aspek infrastruktur. "Kami terus berusaha kerja sama dengan kementerian lain untuk pembangunan infrastruktur," katanya.

Seperti misalnya, rencana penambahan akses menuju Bandara Soekarno Hatta dengan dibangunnya jalur kereta yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta-Manggarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com