Istano Basa Pagaruyung dan Pacu Jawi Andalan Tanah Datar

Kompas.com - 05/06/2013, 13:39 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BATUSANGKAR, KOMPAS.com - Kabupaten Tanah datar, Sumatera Barat memiliki dua ikon wisata yakni Istano Basa Pagaruyung dan atraksi Pacu Jawi atau balapan sapi khas Sumatera Barat. "Jadi ikon besarnya tanah datar ada dua. Pertama adalah Istano Basa Pagaruyung yang kedua adalah Pacu Jawi," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar, Marwan saat ditemui di sela-sela pemberian hadiah etape ketiga Tour de Singkarak 2013 rute Padang Panjang - Tanah Datar, di Pagaruyung, Selasa (4/6/2013).

Marwan memaparkan, ada agenda wisata yang dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung seperti Festival Pagaruyung 2014. "Kemudian untuk tahun 2013 kita akan melaksanakan pameran Pacu Jawi di Malaysia. Untuk 2014 kita lakukan pameran Pacu Jawi dan pertunjukan budaya kita di Jepang," katanya.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar ingin mengadakan pemugaran Istano Basa Pagaruyung, salah satunya dengan membuat jenjang seribu dengan puncak bukit yang ada di belakang istana. Nantinya jenjang seribu tersebut akan menghubungkan Istano Basa Pagaruyung dengan puncak bukit tersebut.

pacujawi
Pacu jawi (Foto: Barry Kusuma)

"Jadi kita ingin menjadikan di sini orang berwisata tak hanya dapat menikmati rumah gadang tetapi dia juga bisa melihat menikmati hutan yang di belakang itu jadi hutan wisata," ujar Marwan.

Sedangkan pacu jawi sering dijadikan perburuan foto atraksi wisata oleh para fotografer. "Kemudian pacu jawi saat ini dia sudah jadi ikon pula dari para juru foto. Katanya fotografer belum profesional dia kalau belum ngambil pacu jawi," kata Marwan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X