Papua Ikut Meriahkan Pesta Kesenian Bali

Kompas.com - 05/06/2013, 17:10 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Provinsi Papua untuk pertama kalinya ikut ambil bagian dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXV tahun 2013 dengan melibatkan 70 seniman.

"Ke-70 seniman asal Papua yang akan tampil pada pawai budaya mendapat kehormatan setelah penampilan duta Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yang rencananya disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Direktur Program Pascasarjana ISI Denpasar, Prof Dr I Wayan Rai S di Denpasar, Rabu (5/6/2013).

Wayan Rai mendapat kehormatan sebagai penasihat duta seni Papua dalam memeriahkan PKB dengan persiapan yang matang.

Sebanyak 70 seniman Papua sudah melakukan persiapan jauh sebelumnya dan penampilannya dalam PKB akan mendapat dukungan atau diperkuat sejumlah prajurit TNI Kodam IX Udayana.

"Ke-70 seniman yang dipimpin Kasdam Cenderawasih itu akan datang ke Bali seminggu sebelum pembukaan PKB, sehingga dapat melakukan persiapan yang lebih baik," ujar Wayan Rai yang juga dipercaya merintis pendirian Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Papua.

Duta seni Papua selain tampil memeriahkan pawai budaya pada 15 Juni 2013, juga tampil dalam garapan kolosal pada hari kedua di panggung terbuka Ardha Candra Taman Budaya Denpasar. "Gubernur Papua rencananya akan hadir menyaksikan pawai budaya PKB dan pementasan duta seni Papua tersebut," ujar mantan Rektor ISI Denpasar itu.

Wayan Rai menilai Pemprov Papua berperan serta dalam PKB dengan mengirimkan duta seninya sebanyak itu menunjukkan keseriusan untuk memperkenalkan kearifan lokal kepada masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

"Selain itu, secara tidak langsung memperkenalkan potensi seni budaya sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara berkunjung ke daerah itu," tambah Wayan Rai.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X