Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Morotai Akan Gelar Festival Pariwisata

Kompas.com - 05/06/2013, 20:00 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) berencana menggelar festival pariwisata untuk menarik minat wisatawan dari dalam dan luar negeri berkunjung ke daerah itu.

"Festival pariwisata tersebut rencananya akan digelar pada September 2013 bersamaan dengan pelaksanaan kejuaraan internasional selancar di Morotai," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Morotai, Ujang Bagindo ketika dihubungi dari Ternate, Rabu (5/6/2013).

Festival tersebut akan dikemas sedemikian rupa dengan menonjolkan obyek wisata unggulan di Morotai, yakni obyek wisata bahari seperti keindahan pantai pasir putih dan panorama bawah laut serta obyek wisata sejarah khususnya peninggalan Perang Dunia II.

Ia mengatakan, kekayaan pariwisata Morotai sudah dikenal di seluruh dunia setelah penyelenggaraan Sail Morotai 2012. Karena itu, festival pariwisata tersebut diyakini akan didatangi banyak  wisatawan dari berbagai negara, terutama dari negara yang pernah terlibat dalam  Perang Dunia II di Morotai.

Pemkab Pulau Morotai telah melakukan berbagai persiapan terkait rencana penyelenggaraan festival pariwisata tersebut, di antaranya melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta melakukan pembenahan  berbagai obyek wisata di daerah itu terutama dari segi fasilitas penunjang.

Menurut Ujang, pada pelaksanaan festival pariwisata tersebut juga akan diupayakan menggelar sejumlah kegiatan yang bisa masuk rekor MURI, di antaranya pembuatan pagar seragam di seluruh wilayah Kabupaten Pulau Morotai.

Pagar rumah dan gedung perkantoran di Morotai nantinya akan dibangun seragam, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan, jadi pagar rumah jabatan bupati akan sama dengan pagar rumah tukang ojek.

Pemkab Pulau Morotai, menurut Ujang Bagindo, kini terus mengupayakan pengembangan Bandara Leo Wattimena Morotai menjadi bandara internasional untuk memudahkan wisatawan dari mancanegara berkunjung ke daerah itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com