Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Banda Aceh Benahi Infrastruktur Pariwisata

Kompas.com - 06/06/2013, 11:15 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Banda Aceh terus membenahi berbagai infrastruktur pariwisata sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu. "Kami terus berupaya membenahi infrastruktur pendukung pariwisata, karena ke depan sektor jasa tersebut diharapkan sebagai salah satu penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD)," kata Wali Kota Banda Aceh, Mawardy Nurdin di Banda Aceh, Rabu (5/6/2013).

Di sela-sela menghadiri "Aceh Ekspo 2013" yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Mawardy mengatakan perkembangan sektor pariwisata di daerahnya meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

"Daerah ini cukup banyak obyek wisata yang diminati pengunjung dari sejumlah daerah, provinsi, bahkan masyarakat di berbagai belahan dunia," katanya.

Untuk itu, Mawardy mengharapkan di masa mendatang sektor pariwisata Banda Aceh bisa berkembang baik dan menjadi destinasi dunia.

Berbagai obyek wisata yang menjadi andalan Pemkot Banda Aceh, di antaranya sejumlah situs tsunami seperti kapal PLTD Apung, perahu di atas rumah serta obyek wisata religi. Selain itu Kota Banda Aceh juga menyimpan sejumlah obyek wisata sejarah dan budaya unik yang tidak dimiliki daerah lain.

Di pihak lain, Wali Kota Banda Aceh juga mengatakan pihaknya terus mendorong usaha kecil menengah (UKM) guna menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat di kota berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa tersebut. "Tumbuhnya sektor UKM juga kita harapkan menjadi pendorong berkembangnya industri pariwisata di Kota Banda Aceh," kata Mawardy Nurdin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com