Kompas.com - 07/06/2013, 11:54 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo mengatakan pemerintah daerah dan sektor swasta memobilisasi semua sumber daya yang ada untuk menyukseskan perhelatan Sail Komodo tahun 2013. "Pemerintah daerah berperan dalam memobilisasi semua sumber daya daerah, baik itu dari APBD maupun keterlibatan sektor swasta," kata Sharif Cicip Sutardjo, di Jakarta, Kamis (6/6/2013).

Sharif berharap kegiatan Sail Komodo 2013 dapat menjadi stimulan untuk memberdayakan masyarakat dalam pembangunan di daerahnya. Untuk itu diperlukan koordinasi antara semua kementerian dan lembaga serta pihak yang terkait aktivitas tersebut.

Kementerian yang terlibat dalam Sail Komodo 2013 adalah Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Luar Negeri, Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Sosial, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Adapun beberapa sentra pembangunan yang telah disiapkan beberapa kementerian, antara lain, Gerbang Terpadu, MCK oleh Kemenpera, Bangsal Belaja (Kemensos) pelatihan ekonomi kreatif (Kemenparekraf), bedah kampung nelayan (Kemensos), bedah rumah (Kemenpera), perbaikan jalan (Kementerian PU), dan Program Kesejahteraan Nelayan/PKN (KKP). "Beberapa di antaranya akan dikunjungi dan diresmikan oleh Presiden," ujarnya.

Sharif juga mengatakan terdapat pula perkenalan program Rumah Pintar yang dibangun di Kampung Ujung, NTT, dan akan diresmikan oleh Ny Ani Yudhoyono.

Menteri Kelautan dan Perikanan mengemukakan bahwa Sail Komodo juga sangat efektif untuk mempromosikan wilayah NTT dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional.

Apalagi, Taman Nasional Komodo merupakan salah satu Situs Warisan Dunia sehingga Pemerintah sudah semestinya melestarikan, mengembangkan, serta mempromosikan Taman Nasional Komodo. "Kegiatan Sail Komodo 2013 merupakan salah satu upaya mempromosikan Taman Nasional Komodo sebagai kawasan konservasi perairan dalam rangka mengembangkan ekonomi kelautan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sharif menambahkan, puncak acara Sail Komodo 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2013 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X