Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Angus, Obyek Wisata Paling Diminati Turis

Kompas.com - 07/06/2013, 13:55 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Ternate, Maluku Utara, Husen Alting, mengungkapkan Batu Angus merupakan obyek wisata paling diminati wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri ketika berkunjung ke daerah itu.

"Setiap wisatawan yang berkunjung ke Ternate, obyek wisata pertama yang ingin dikunjungi adalah Batu Angus. Mereka merasa belum berkunjung ke Ternate jika belum mengunjungi obyek wisata itu," kata Husen Alting di Ternate, Jumat (7/6/2013).

Obyek wisata Batu Angus yang terletak sekitar 10 km dari Kota Ternate, merupakan hamparan batu yang tampak seperti hangus terbakar. Hamparan batu itu membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke pantai.

Menurut Husen, Batu Angus tersebut merupakan sisa lahar letusan Gunung Gamalama pada abad ke-17 dan lahar yang telah berubah menjadi batu itu tampak seperti batu yang baru hangus terbakar.

Di Batu Angus itu ada situs sejarah berupa tempat tewasnya seorang tentara Jepang yang parasutnya tidak terbuka normal setelah terjun dari pesawat pada Perang Dunia II.

Husen mengatakan Batu Angus selain menyajikan keunikan lahar bekas letusan Gunung Gamalama, juga menawarkan panorama pemandangan menarik berupa lereng dan puncak Gunung Gamalama serta birunya laut perairan Ternate.

Obyek wisata yang terletak pada poros ruas jalan lingkar Pulau Ternate ini bisa dijangkau menggunakan angkutan kota dengan tarif Rp 3.000 atau menggunakan taksi seharga Rp 50.000 per jam.

Obyek wisata lainnya di Ternate yang juga cukup diminati wisatawan, lanjut Husen, antara lain sejumlah benteng peninggalan masa kolonial, seperti Benteng Ford Oranye, Benteng Tolucco, Benteng Kalamata dan Benteng Kastela serta Danau Tolire.

Kedaton Kesultanan Ternate yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah seperti mahkota emas berambut dan baju besi, juga merupakan obyek wisata yang diminati wisatawan saat berkunjung ke daerah ini.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com