Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Indonesia Rayakan Penerbangan Perdana Jakarta-Medan

Kompas.com - 08/06/2013, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia Indonesia merayakan penerbangan perdana rute Jakarta-Medan pada Jumat (7/6/2013) dengan menghadirkan beragam kejutan bagi penumpang.

Dalam penerbangan perdana tersebut, saat pesawat mencapai ketinggian 30.000 kaki, seluruh penumpang diminta membuka meja di hadapan mereka. Satu penumpang yang beruntung mendapatkan kartu AirAsia berkode tanggal '7-6-2013' berhak atas grand prize berupa tiket gratis Jakarta-Medan untuk 2 orang.

Di samping itu, empat penumpang beruntung lainnya juga mendapat paket in-flight meal Nasi Jinggo Bali kreasi Farah Quinn dan beragam suvenir dari AirAsia.

Penerbangan perdana QZ 8063, berangkat dari Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng pukul 10.40 WIB pagi dan mendarat di Bandara Udara Internasional Polonia, Medan, pukul 13.05 WIB.

Penerbangan terbaru AirAsia Indonesia yang menghubungkan Jakarta dan Medan tersebut akan dioperasikan sebanyak 17 kali per minggu, menggunakan armada Airbus A320 dengan kapasitas 180 kursi.

"Penerbangan ini sekaligus melengkapi konektivitas kami yang menghubungkan antar enam hub di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Medan dan Makassar," kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia Dharmadi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/6/2013).

Ia berharap penerbangan dengan jadwal beragam ini dapat memenuhi kebutuhan perjalanan berbiaya rendah berkualitas bagi masyarakat Indonesia yang hendak mengunjungi pulau Sumatera, khususnya Medan.

Medan merupakan gerbang utama di kawasan Sumatera Utara. Selain kota Medan yang sudah terkenal sebagai salah satu kota bisnis dan hub perdagangan terbesar di pulau Sumatera, Medan memiliki beragam atraksi pariwisata mulai dari wisata religi, pusat perbelanjaan, dan kuliner yang akan memanjakan setiap wisatawan.

"Kami melihat pasar Medan sebagai salah satu pasar yang sangat potensial di Indonesia, dengan peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun internasional yang cukup signifikan, kami memutuskan untuk membuka rute ini, " kata Dharmadi.

Hal itu pun, lanjutnya, terbukti dengan tingginya antusias masyarakat dalam penerbangan perdana ini dengan tingkat keterisian penumpang mencapai lebih dari 75. Medan merupakan hub dari AirAsia Indonesia sejak 2011. Dari Medan, AirAsia Indonesia kini memiliki jaringan penerbangan ke Jakarta, Pekanbaru, Surabaya, dan berbagai destinasi internasional di Asia Tenggara seperti Bangkok, Johor Bahru, Penang, dan Kuala Lumpur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com