Pesisir Pariaman-Painan Pukau Pebalap TdS

Kompas.com - 08/06/2013, 17:20 WIB
|
Editorkadek

PAINAN, KOMPAs.com - Wilayah pesisir menjadi rute yang dilalui etape enam turnamen balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2013 yang berlangsung di Sumater Barat. Etape enam mengambil rute Pariaman-Painan.

Titik start etape enam berada di depan Kantor Walikota Pariaman yang terletak di depan Pantai Gandoriah, Kota Pariaman. Sedangkan titik finish ada di depan Kantor Bupati Pesisir Selatan yang berlokasi di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebagian besar rute berada di sepanjang pesisir pantai. Selain itu, beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Teluk Bayur dan Pelabuhan Bungus juga dilewati para pebalap sepeda.

Tak hanya pantai, pebalap juga melewati beberapa aliran sungai serta pusat keramaian seperti Pasar Tasuran dan pemukiman penduduk. Pemandangan pegunungan, sawah, dan pepohonan rindang dengan jalan berliku tak ketinggalan tersaji di sepanjang rute etape enam.

"Rute yang dilewati, saya sangat menikmatinya dengan titik finish berupa laut dan banyak pohon-pohon," ujar salah satu pemenang etape enam, Hossein Nateghi dari tim Tabriz Petrochemical Team, Iran, saat ditemui Kompas.com setelah acara penyerahan hadiah pemenang Etape 6 "Pariaman-Painan" di Pantai Carocok, Painan, Sabtu (8/6/2013).

Tour de Singkarak (TdS) 2013 merupakan ajang tahunan turnamen balap sepeda. Tahun ini merupakan kali kelima penyelenggaraan kegiatan. Adapun ajang yang dihelat tanggal 2-9 Juni 2013 tersebut diikuti oleh 220 peserta yang berasal dari 24 negara.

Meski merupakan turnamen balap sepeda, kegiatan ini memiliki misi khusus yaitu untuk mengangkat pariwisata Sumatera Barat melalui etape-etape yang dilewati pebalap.

Ada 7 etape yang akan melewati 17 kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat dengan menyajikan bentangan alam berupa pegunungan, danau, lembah, perkebunan, kelokan berpadu dengan turunan dan tanjakan dengan arena cukup menantang. Adapun Kabupaten dan Kota tersebut antara lain Pemkot Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Painan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat.

Kegiatan TdS diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), dan pemerintah daerah setempat. Untuk mengetahui informasi mengenai ajang balap sepeda ini, ikuti Twitter TdS di @tourdesingkarak.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X