Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2013, 12:06 WIB
EditorI Made Asdhiana

PADA tanggal 25 Mei 2013 Tim Baronda Maluku yang terdiri dari blogger, photographer dan videographer menjelajahi Maluku dengan dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Baronda Maluku (bahasa daerah Maluku) yang mempunyai arti jalan-jalan ke Maluku mengeksplor keindahan Maluku yang tidak banyak orang tahu. Kali ini Tim Baronda Maluku mengunjungi Desa Sawai, di Pulau Seram.

Desa Sawai, Maluku salah satu destinasi yang ada di Kawasan Taman Nasional Manusela. Perairannya yang tenang dan bersih. Desa wisata ini tidak kalah indah dengan pulau lain di Indonesia yang terkenal karena pantai dan lautnya. Sebagian besar laut yang berada di desa ini masih alami dan terjaga dengan baik.

Desa Sawai termasuk desa tertua di Maluku dan memiliki beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Pulau-pulau ini pun menambah keindahan Laut Sawai. Keheningan dan keindahan desa ini saat pagi hari menjadikan lokasi ini semakin terlihat indah. Yang unik dari desa ini adalah adanya "kolam renang raksasa".

Kolam ini adalah sumber air Desa Sawai dan letaknya di tengah desa. Sumber mata air dari kolam air alami ini adalah dari batu batu besar di tengah kolam. Kolam Desa Sawai ini memang terlihat sangat menyegarkan. Ikan-ikan kecil berseliweran, batu karang dan koralnya masih sangat terjaga, serta beberapa biota lautnya menjadi hiasan bawah laut yang sangat apik. Saking jernihnya, permukaan dasar laut bisa Anda lihat dengan jelas.

Bukan hanya lautnya yang elok, sepanjang perjalanan dari Pantai Ora ke Desa Sawai ini kita bisa melihat tebing dan lembah Manusela yang berada di pinggir Laut Sawai juga menyimpan sejuta potensi goa.

Tak jauh dari lokasi terumbu karang, terdapat celah besar dan tinggi yang dapat dimasuki oleh wisatawan. Saat ini Desa Sawai juga memiliki beberapa hewan yang menjadi penghuni tetap, seperti kakatua seram, nuri kepala hitam, burung bayan, burung rangkong. Namun sayang, saat ini populasi nuri berkepala hitam sudah semakin berkurang.
desa-sawai
Desa Sawai. (Foto: Barry Kusuma)

Maluku mempunyai banyak sekali potensi pariwisata yang belum banyak orang tahu. Padahal di sini tersimpan begitu banyak destinasi destinasi yang menunggu untuk dipromosikan. Yuk bareng bareng kita "baronda Maluku" (bahasa Maluku) yang berarti jalan-jalan ke Maluku. Tidak salah Taman Nasional Manusela disebut sebagai Heaven on Earth atau mutiara tersembunyi di Timur Indonesia. (BARRY KUSUMA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+