Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jateng Ajak Masyarakat Sadar Wisata

Kompas.com - 14/06/2013, 09:49 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memiliki sikap sadar wisata sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara lebih banyak lagi.

"Pengembangan wisata di Jawa Tengah ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi semua pihak juga memiliki tanggung jawab yang sama, termasuk masyarakat," kata Bibit Waluyo di Semarang, Jumat (14/6/2013).

Gubernur mengatakan bahwa jika masyarakat memiliki sikap sadar wisata, maka dalam kehidupan sehari-hari akan selalu menjaga lingkungan, hidup bersih, dan bersikap ramah terhadap wisatawan, sehingga wisatawan merasa nyaman saat berada di suatu daerah. "Jika masyarakat ’mindsetnya’ wisata dengan menata lingkungan rapi dan bersih, maka wisatawan akan senang datang ke Jateng," katanya.

Jateng, lanjut Gubernur, memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa dan mampu memberikan kontribusi untuk mengembangkan ekonomi daerah, sehingga harus dirawat, diberdayakan, dan lebih dikembangkan lagi di masa-masa mendatang.

"Apalagi saat ini Jawa tengah merupakan destinasi atau tujuan wisata terbesar keempat di Indonesia setelah Bali, Jakarta dan Yogyakarta yang ditunjang oleh potensi wisata masing-masing di daerah, seperti Candi Borobudur dan Kepulauan Karimunjawa," kata Bibit.

Menurut Bibit, pada tahun 2012 terdapat empat destinasi wisata Jateng yang ramai dikunjungi wisatawan, yakni Jepara, Purbalingga, Banjanegara, dan Semarang. Sementara tahun ini ada sejumlah tujuan wisata, yakni Borobudur, Dieng, Cilacap, Baturaden, Rembang, Blora, Semarang, Karimunjawa, Solo, Sangiran dan Tegal, Pekalongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com