Kompas.com - 15/06/2013, 09:18 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Hotel di Indonesia sepatutnya berperan serta dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia, terutama dalam hal kuliner, selain untuk memajukan pariwisata Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu.

"Hotel di Indonesia harus bisa membangun industri kreatif, mulai dengan mengembangkan kuliner Indonesia, penggunaan perabotan dan lukisan buatan Indonesia," kata Mari saat grand opening JS Luwansa Hotel & Convention Center di Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Menurut data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, industri kreatif di Indonesia menyumbang PDB sebesar Rp 169,62 triliun di tahun 2011. Subsektor menjadi penyumbang terbesar bagi industri kreatif, yaitu mencapai 32,2 persen di tahun 2011.

Sementara itu, Mari menuturkan, adanya hotel-hotel baru diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia, apalagi tahun ini merupakan tahun meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) bagi Indonesia sehingga bisa memenuhi kebutuhan akan hotel-hotel berfasilitas MICE.

Senada mengenai MICE, Director of Sales & Marketing JS Luwansa Hotel & Convention Center, Agus Sofyan, pada kesempatan yang sama menuturkan bahwa pangsa pasar untuk hotel tersebut adalah pelancong MICE.

"Kami punya ballroom dan 14 meeting room. Untuk pasar, masih kebanyakan untuk Jakarta. Kalau luar, kami menyasar Malaysia, Singapura, China, terutama juga Timur Tengah," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.