Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Harus Ikut Membangun Industri Kreatif

Kompas.com - 15/06/2013, 09:18 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hotel di Indonesia sepatutnya berperan serta dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia, terutama dalam hal kuliner, selain untuk memajukan pariwisata Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu.

"Hotel di Indonesia harus bisa membangun industri kreatif, mulai dengan mengembangkan kuliner Indonesia, penggunaan perabotan dan lukisan buatan Indonesia," kata Mari saat grand opening JS Luwansa Hotel & Convention Center di Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Menurut data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, industri kreatif di Indonesia menyumbang PDB sebesar Rp 169,62 triliun di tahun 2011. Subsektor menjadi penyumbang terbesar bagi industri kreatif, yaitu mencapai 32,2 persen di tahun 2011.

Sementara itu, Mari menuturkan, adanya hotel-hotel baru diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia, apalagi tahun ini merupakan tahun meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) bagi Indonesia sehingga bisa memenuhi kebutuhan akan hotel-hotel berfasilitas MICE.

Senada mengenai MICE, Director of Sales & Marketing JS Luwansa Hotel & Convention Center, Agus Sofyan, pada kesempatan yang sama menuturkan bahwa pangsa pasar untuk hotel tersebut adalah pelancong MICE.

"Kami punya ballroom dan 14 meeting room. Untuk pasar, masih kebanyakan untuk Jakarta. Kalau luar, kami menyasar Malaysia, Singapura, China, terutama juga Timur Tengah," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com