Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini Kesenian Papua dan Timor Leste Tampil di PKB

Kompas.com - 16/06/2013, 10:59 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-35 tahun 2013 pada hari pertama mementaskan lima kegiatan seni budaya, baik dari Pulau Bali maupun partisipasi dari daerah lain.

Wayan Dauh, panitia PKB, mengatakan bahwa pada hari Minggu (16/6/2013), pementasan kesenian mulai pukul 11.00 Wita hingga malam hari di lima lokasi.

Untuk pementasan kesenian dari Lampung Barat akan bertempat di Kalangan Ratna Kanda. Pementasan partisipasi kesenian dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, digelar di Kalangan Ayodya.

Kemudian, kesenian tradisional Bali, yaitu parade "Ngelawang" akan diisi dari Kabupaten Karangasem, Tabanan, dan Klungkung.

Malam harinya akan diisi kesenian dari Provinsi Papua bertempat di panggung terbuka Ardha Candra dan pementasan kesenian dari negara Timor Leste bertempat di wantilan atau pendopo. Dua kesenian yang pentas malam hari tersebut mulai pukul 20.00 waktu setempat.

Sementara itu, di arena PKB yang dipusatkan di Taman Budaya Denpasar selama sebulan hingga 13 Juli mendatang melibatkan ratusan kelompok kesenian dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali. Di samping juga partisipasi dari sejumlah daerah di Indonesia dan luar negeri.

Ajang tahunan tersebut selain pementasan seni dan budaya, juga dipamerkan berbagai kerajinan tangan, seni lukis, serta seni patung.
Kesenian-Timor-Leste-di-PKB
Tim kesenian Timor Leste. (Foto: Rumgapres/Abror Rizki)

Tidak kalah menariknya bagi pengunjung yang ingin menikmati menu tradisional Bali, panitia juga menyediakan anjungan khusus untuk kuliner ala Pulau Dewata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com