Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Tak Hanya Lombok, tapi Juga Sumbawa

Kompas.com - 17/06/2013, 14:05 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) tak hanya Lombok, tetapi juga Sumbawa. Menurut Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, selama lima tahun belakangan (2009-2012), pihaknya memang lebih menekankan promosi pariwisata Pulau Lombok.

"Karena dari sisi infrastruktur (Pulau Lombok) lebih lengkap, juga aksesnya lebih mudah," kata Zainul saat jumpa pers Grand Launching "Tambora Menyapa Dunia" di Jakarta, Minggu (16/6/2013) malam.

Oleh karena itu, sekarang pihaknya lebih ingin mengembangkan Pulau Sumbawa. Menurut Zainul, Sumbawa memiliki atraksi yang lengkap mulai dari tempat surfing, teluk dengan kekayaan ikan berlimpah, pantai-pantai cantik, sampai Gunung Tambora dengan lembah yang indah.

"Datang ke NTB tak hanya ke Lombok, tapi juga Sumbawa," ungkap Zainul.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengakui jika berbicara NTB, maka orang lebih familiar dengan Pulau Lombok serta destinasinya seperti Pantai Senggigi dan Gunung Rinjani.

"Sumbawa belum terlalu diketahui," katanya.

Menurut Mari, melalui ajang "Tambora Menyapa Dunia" pada April 2015, diharapkan dapat ikut mempromosikan Sumbawa melalui ikon Gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa.
presean-khas-lombok
Peserta Parade Budaya Lombok Sumbawa 2013 beratraksi di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (16/6/2013). (Foto: Kompas Images/Roderick Adrian Mozes)

"NTB punya dua gunung terkenal, Rinjani dan Tambora. Ini cocok sekali untuk wisata minat khusus, yaitu trekking dan hiking," ungkap Mari.

Tak kalah menariknya adalah industri kreatif. Di Sumbawa, tambah Mari, selain tenun dan mutiara, juga terkenal kopi tambora dan susu kuda liar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com