Kompas.com - 17/06/2013, 15:58 WIB
EditorI Made Asdhiana

KUPANG, KOMPAS.com - Merpati Nusantara Airlines membuka rute penerbangan Denpasar, Bali-Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), guna mendukung akses wisatawan asing dan domestik pada ajang Sail Komodo 2013. "Kami membuka rute itu untuk memastikan jalur penerbangan itu ada dan disediakan bagi semua wisatawan yang hendak ke Labuan Bajo," kata District Manager Merpati Nusantara Airlines (MNA) di Kupang, Srianto Senoadi, Senin (17/6/2013).

Dia mengatakan sebagai maskapai yang sudah melayani penerbangan di wilayah NTT sejak beberapa puluh tahun silam itu, Merpati memiliki tugas dan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat menyukseskan pelaksanaan Sail Komodo yang akan berakhir di Labuan Bajo pada September mendatang.

Sebagai salah satu jembatan transportasi udara, lanjut Srianto, pembukaan rute Denpasar-Labuan Bajo merupakan kewajiban, agar bisa lebih membuka akses destinasi wisata di daerah itu. "Ini bukti tanggung jawab kita sebagai salah satu maskapai di daerah ini," katanya.

Dengan adanya rute penerbangan itu, maka, Merpati semakin membuka akses bagi seluruh masyarakat di wilayah ini untuk bisa memanfaatkannya demi pemenuhan kebutuhannya, baik di dalam daerah wilayah NTT, tetapi juga ke luar daerah hingga ke Pulau Bali dan Jawa.

Untuk lintas penerbangan di NTT, Merpati dalam waktu dekat segera menambah frekuensi penerbangan. Menurut Srianto, rute layanan Merpatai sampai saat ini dari Bandara El Tari Kupang, masing-masing menuju Alor, Bajawa, Maumere, Manggarai, Ende, Ruteng, Tambolaka dan Waingapu.

Sejumlah rute itu merupakan rute penerbangan yang sudah dilakukan Merpati sejak beberapa tahun silam dan memiliki potensi yang menjanjikan, sehingga akan ditambah frekuensinya. "Saya contohkan, selama ini ke Alor hanya sekali, kami berencana akan tambah (penerbangan) sehingga penerbangan makin lancar," katanya.

"Jika penerbangan lancar, masyarakat akan terbantu, juga akan memudahkan akses bagi para wisatawan yang hendak menikmati keindahan alam dan laut di NTT," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Srianto mengatakan penambahan frekuensi penerbangan akan diikuti dengan sistem keamanan dan kenyamanan penerbangan demi keselamatan para penumpang. "Keselamatan penumpang menjadi prioritas Merpati sehingga masyarakat diminta untuk tidak lagi khawatir menggunakan jasa penerbangan Merpati," tambah Srianto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.