Kompas.com - 18/06/2013, 09:10 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini adalah musim liburan anak sekolah di Indonesia dan situs perjalanan global, Skyscanner melihat adanya pertumbuhan yang luar biasa jumlah pencarian penerbangan selama periode liburan.

Seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (17/6/2013), terjadi kenaikan pencarian penerbangan selama periode liburan sebanyak 300 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Data juga menunjukkan bahwa ternyata cukup banyak keluarga Indonesia yang merencanakan pergi berlibur tahun ini.

Pencarian penerbangan untuk keluarga tahun ini menunjukkan peningkatan yang luar biasa, yakni sebesar 800 persen dibandingkan musim liburan pertengahan tahun lalu. Jadi, ke mana sebenarnya keluarga Indonesia akan berlibur?

Dengan atraksi wisata yang ramah keluarga seperti Night Safari dan Universal Studios Singapore yang relatif masih baru, kota metropolitan Singapura tetap menjadi tujuan liburan paling populer bagi keluarga Indonesia. Lebih dari 40 persen dari total pencarian penerbangan ke Singapura adalah untuk keluarga.

Malaysia, Thailand, dan Australia juga tetap menjadi negara tujuan wisata favorit keluarga Indonesia. Skyscanner juga melihat Perancis sangat diminati dan menjadi satu dari sepuluh tujuan wisata favorit untuk liburan sekolah.

“Seperti yang kita ketahui, saat ini kebanyakan orangtua sangat sibuk bekerja dan hampir tidak bisa menemukan waktu untuk berkumpul bersama keluarga untuk makan siang atau makan malam, khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia," ungkap Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner Indonesia, Tika Larasati seperti termuat dalam siaran pers tersebut.

Namun, lanjutnya, hasil analisis Skyscanner memperlihatkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pencarian liburan keluarga. Hal ini menunjukkan bahwa para orangtua yang senantiasa sibuk bekerja sepertinya memanfaatkan kesempatan liburan sekolah kali ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Liburan keluarga merupakan kegiatan penting bagi keluarga karena memberikan kesempatan setiap anggota keluarga untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama-sama,menjelajah tempat-tempat baru dan membantu memperluas wawasan nusantara dan dunia bagi anak-anak. Liburan bersama keluarga pasti memberikan pengalaman yang berharga," ungkapnya.

Sepuluh tujuan wisata utama wisatawan Indonesia (keluarga) pada periode liburan menurut data Skyscanner antara lain Singapura, Malaysia, Hongkong, Australia, Belanda, Thailand, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jerman. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.