Kompas.com - 18/06/2013, 11:05 WIB
Penulis Jodhi Yudono
|
EditorI Made Asdhiana

MAGELANG, KOMPAS.com - Jarak dari Candi Borobudur ke Desa Sodongan tak seberapa jauh, hanya sekitar 2 km ke arah utara. Atau tanyalah pada warga setempat, tentu akan ditunjukkan di mana Desa Sodongan berada. Jika telah sampai di Desa Sodongan, di sebelah kanan ada gapura bambu bertuliskan "Kampoeng Dolanan Nusantara" Desa Sodongan.

Nah, di sinilah semua yang berkait dengan permainan tradisional Indonesia dikenalkan kembali kepada orang tua dan anak-anak yang berkunjung ke wahana ini.

Menurut Endi Aras yang menggagas wahana ini, Kampoeng Dolanan Nusantara bertekad untuk menjadi salah satu destinasi wisata edutainment favorit bagi masyarakat. Untuk mendukung tekad tersebut, Kampoeng Dolanan Nusantara menyediakan berbagai fasilitas, antara lain:

1. Wahana/arena/lapangan untuk bermain berbagai permainan tradisional, seperti lapangan engklek (sundamanda), lapangan egrang, lapangan gasing, lapangan bakiak raksasa, lapangan gobak sodor, arena bermain neker (kelereng), dan lain-lain.

2. Beragam alat permainan tradisional yang disewakan kepada pengunjung.

3. Galeri yang memajang berbagai permainan tradisional dan foto-foto serta informasi tentang keragaman permainan tradisional dari seluruh nusantara.

4. Rumah makan dengan menu-menu makanan tradisional.

5. Warung cenderamata yang menyediakan berbagai souvenir menarik khas Kampoeng Dolanan Nusantara.

6. Apotek Hidup (Kebun Tanaman Herbal) yang ke depannya melayani kebutuhan pengunjung akan manfaat tanaman herbal bagi kesehatan.

Nah, bagi Anda sekeluarga yang ingin keliling kampung, wahana ini juga menyediakan sepeda onthel. Selain menikmati suasana kampung Sodongan, Anda juga bisa mampir ke rumah penduduk untuk melihat pembuatan gula merah. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.