Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Apa di Kampoeng Dolanan Nusantara?

Kompas.com - 18/06/2013, 11:05 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Jarak dari Candi Borobudur ke Desa Sodongan tak seberapa jauh, hanya sekitar 2 km ke arah utara. Atau tanyalah pada warga setempat, tentu akan ditunjukkan di mana Desa Sodongan berada. Jika telah sampai di Desa Sodongan, di sebelah kanan ada gapura bambu bertuliskan "Kampoeng Dolanan Nusantara" Desa Sodongan.

Nah, di sinilah semua yang berkait dengan permainan tradisional Indonesia dikenalkan kembali kepada orang tua dan anak-anak yang berkunjung ke wahana ini.

Menurut Endi Aras yang menggagas wahana ini, Kampoeng Dolanan Nusantara bertekad untuk menjadi salah satu destinasi wisata edutainment favorit bagi masyarakat. Untuk mendukung tekad tersebut, Kampoeng Dolanan Nusantara menyediakan berbagai fasilitas, antara lain:

1. Wahana/arena/lapangan untuk bermain berbagai permainan tradisional, seperti lapangan engklek (sundamanda), lapangan egrang, lapangan gasing, lapangan bakiak raksasa, lapangan gobak sodor, arena bermain neker (kelereng), dan lain-lain.

2. Beragam alat permainan tradisional yang disewakan kepada pengunjung.

3. Galeri yang memajang berbagai permainan tradisional dan foto-foto serta informasi tentang keragaman permainan tradisional dari seluruh nusantara.

4. Rumah makan dengan menu-menu makanan tradisional.

5. Warung cenderamata yang menyediakan berbagai souvenir menarik khas Kampoeng Dolanan Nusantara.

6. Apotek Hidup (Kebun Tanaman Herbal) yang ke depannya melayani kebutuhan pengunjung akan manfaat tanaman herbal bagi kesehatan.

Nah, bagi Anda sekeluarga yang ingin keliling kampung, wahana ini juga menyediakan sepeda onthel. Selain menikmati suasana kampung Sodongan, Anda juga bisa mampir ke rumah penduduk untuk melihat pembuatan gula merah. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com