Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Kunjungan Wisatawan ke Sabang Menurun

Kompas.com - 19/06/2013, 15:54 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Kota Sabang (Pulau Weh) berkurang akibat cuaca kurang baik dalam beberapa pekan terakhir. "Dampak cuaca yang kurang baik dalam beberapa pekan ini berpengaruh terhadap turunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Muhammad Ali Taufiq yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa (18/6/2013).

Sabang merupakan salah satu daerah kepulauan di Aceh saat ini dilayari oleh empat unit kapal cepat dan satu unit kapal feri setiap hari dari Ulee Lhue (Banda Aceh)-Balohan (Sabang).

Pulau berjarak sekitar 14 mil dari pesisir pantai Kota Banda Aceh itu dikenal dengan keunggulan sektor pariwisata, terutama wisata bahari berupa taman laut Pulau Rubiah.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan  tinggi gelombang perairan laut Aceh sebelah utara dan timur Aceh termasuk Sabang antara 1,25 hingga tiga meter.

Muhammad Ali Taufiq menjelaskan, setiap hari ratusan wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke Sabang, khususnya pada hari-hari libur.

"Tapi dalam beberapa pekan menurun karena cuaca di perairan laut kurang baik. Bahkan, beberapa waktu lalu ada kapal yang tidak beroperasi karena ombak tinggi dan angin kencang di perairan laut Sabang," katanya.

Namun, Muhammad Ali Taufiq yakin kunjungan wisatawan ke Sabang akan kembali meningkat menyusul membaiknya cuaca. "Kami optimistis arus kunjungan terus ramai ke Sabang, terutama wisatawan nusantara yang akan menikmati keindahan panorama alam Sabang pada musim liburan sekolah," tambah Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com