Kompas.com - 19/06/2013, 19:05 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Association of The Indonesia Tours and Travel/Asita) berencana tak menaikkan tarif perjalanan wisata pada saat harga bahan bakar minyak bersubsidi naik. "Kami tidak bisa menaikkan tarif yang telah disepakati dengan agen lain, baik di dalam maupun luar negeri," kata Ketua Asita Bali, I Ketut Ardana di Denpasar, Rabu (19/6/2013).

Asita Bali tetap memberlakukan tarif sesuai kesepakatan walaupun kenaikan harga BBM akan membuat tarif sewa kendaraan wisata mengalami peningkatan.

Menurut Ardana, dampak dari kondisi seperti itu sebelumnya telah diantisipasi melalui klausul kontrak dengan mitra kerja. "Biasanya sebelum penandatanganan kontrak, telah dijelaskan kepada para mitra kerja bahwa akan ada koreksi jika terjadi kondisi yang seperti sekarang," ucapnya.

Mengenai kenaikan tarif kendaraan sewa tentunya menunggu keputusan dari Persatuan Angkutan Wisata Bali (Pawiba).

Sebelumnya Ketua Pawiba, Bagus Soediana mengatakan akan menaikkan tarif sewa kendaraan 10 hingga 15 persen sebagai bentuk antisipasi kenaikan harga BBM. "Kenaikan tarif sebesar itu dengan asumsi atau prediksi jika pemerintah menaikkan harga premium Rp 2.000 dan solar Rp 1.000," ujarnya.

Kenaikan harga BBM tentunya akan berdampak pada tarif sewa angkutan wisata, namun besarannya tidak sama dengan kenaikan harga BBM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.