Kompas.com - 20/06/2013, 08:12 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Karena wisata kuliner saya bersama sahabat saya asli orang Yogyakarta, maka untuk urusan tempat makan yang mau saya datangi tidak terlalu khawatir, karena sudah hafal betul dengan kuliner di Yogyakarta. Nah untuk tempat makan yang akan kami datangi agak jauh dari pusat kota, kami ke Jalan Imogiri Timur No. 165 Giwangan atau depan Brimob Gondowulung.

Kami mampir ke warung Gudeg Yu Sum. Di sini menjual gudeg kering dan yang cukup istimewa adalah kreceknya. Menurut Eko, Manajer Gudeg Yu Sum ini, komposisi krecek dan tempe adalah 80-20, artinya 80 persen krecek, dan 20 persen tempe. Jadi porsi kreceknya lebih banyak. Rasa kreceknya sendiri cukup pedas.

Selain keistimewaan dari kreceknya, ada ke istimewaan lainnya di Gudeg Yu Sum ini, yaitu proses pembuatannya yang masih tradisional yaitu masih menggunakan kayu bakar. Dan setiap harinya di dapur yang berada tepat di belakang warung makannya sudah mulai mengolah masakan sekitar jam 05.00. Saya berkesempatan melihat dapur dan dijelaskan proses masaknya oleh Eko.

WWW.REKOMENDASI.ME Nasi gudeg krecek ayam suwir.
Kebetulan kami datang ke Gudeg Yu Sum bertiga bersama sahabat saya. Kami pesan berbeda, yaitu nasi gudeg krecek ayam suwir, nasi gudeg krecek dengan paha bawah dan nasi gudeg krecek dengan telur dan ayam dada. Walau pesan makannya sedikit berbeda, untuk minum kami bertiga sepakat pesan minum yang sama yaitu wedang uwuh.

Yuk mari kita coba nasi gudeg krecek Yu Sum ini. Untuk porsi menurut saya cukup banyak. Yang pertama saya coba adalah kreceknya. Hmm... memang lembut dan pedas. Untuk ayam di sini menggunakan ayam kampung, dan telurnya menggunakan telur bebek.

Sedangkan sahabat saya juga mengatakan gudegnya enak, kalau yang ayam suwir memang lebih mudah menyantapnya, karena dagingnya sudah tanpa tulang, sedangkan menu dengan paha bawah sudah sekalian mendapatkan ceker ayam. Secara keseluruhan menurut kami gudeg kering Yu Sum enak rasanya juga mantab.

Nah terakhir yang mau saya ceritakan adalah wedang uwuh, mungkin masih jarang yang tahu wedang ini, tapi kalau di daerah Yogyakarta sudah cukup familiar.

WWW.REKOMENDASI.ME Wedang uwuh.
Wedang uwuh itu rebusan dari beberapa campuran seperti jahe, kayu manis, daun cengkeh dan gula batu. Rasa cengkehnya memang cukup terasa, rasa pedas jahe juga lumayan terasa dan sedikit manis. Setelah minum badan juga terasa hangat.

Kalau Anda sedang berwisata ke kota Yogyakarta, mau coba gudeg kering racikan Yu Sum, silakan mampir. O ya, harga nasi gudeg krecek ayam suwir Rp 10.000, nasi gudeg krecek + ayam paha bawah Rp 16.000, nasi gudeg telur + ayam dada Rp 30.000, dan wedang uwuh Rp 9.000. (Frans)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.