Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datanglah ke Kaltim, Ada Festival Derawan

Kompas.com - 20/06/2013, 08:20 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama bulan Juni hingga September 2013, Kepulauan Derawan, di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, akan semarak dengan berbagai acara wisata. Acara tersebut bertajuk Festival Derawan.

"Ada banyak kegiatan, seperti pemecahan rekor MURI oleh penyelam senior. Lalu di bulan Agustus ada kegiatan game fishing (memancing)," kata Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak dalam jumpa pers Grand Launching Festival Derawan 2013, di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Selain itu, lanjut Awang Faroek, ada pula acara seminar mengenai pariwisata, panggung gembira, dan pentas seni. Ada pula kejurnas selam, live on board, kegiatan kapal pesiar, rally kapal layar, kejurnas layar, sampai pameran wisata.

"Yang menarik ada atraksi terjun payung, tapi tidak mendarat di darat, melainkan di lautan," tutur Awang.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berharap Festival Derawan dapat meningkatkan minat wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. "Dengan acara ini, kita seperti menaruh Derawan dalam peta. Orang-orang jadi tahu di mana Derawan itu," kata Mari.

Ia mengakui belum banyak orang yang pergi melancong ke Derawan. Padahal Kepulauan Derawan dengan 31 pulau tersebut memiliki beragam keelokan wisata bahari. Kawasan ini memiliki titik-titik menyelam yang cantik dengan lebih dari 400 spesies karang laut dan lebih dari 500 spesies ikan.

Selain itu, seperti dituturkan Awang, Kepulauan Derawan merupakan habitat bagi penyu hijau terbesar di Asia. Apalagi salah satu pulanya yaitu di Pulau Kakaban terdapat danau berisi ubur-ubur terbalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com