Datanglah ke Kaltim, Ada Festival Derawan

Kompas.com - 20/06/2013, 08:20 WIB
Kehidupan bawah laut di Pulau Derawan, Kalimantan Timur sungguh luar biasa. DOK INDONESIA.TRAVELKehidupan bawah laut di Pulau Derawan, Kalimantan Timur sungguh luar biasa.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Selama bulan Juni hingga September 2013, Kepulauan Derawan, di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, akan semarak dengan berbagai acara wisata. Acara tersebut bertajuk Festival Derawan.

"Ada banyak kegiatan, seperti pemecahan rekor MURI oleh penyelam senior. Lalu di bulan Agustus ada kegiatan game fishing (memancing)," kata Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak dalam jumpa pers Grand Launching Festival Derawan 2013, di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Selain itu, lanjut Awang Faroek, ada pula acara seminar mengenai pariwisata, panggung gembira, dan pentas seni. Ada pula kejurnas selam, live on board, kegiatan kapal pesiar, rally kapal layar, kejurnas layar, sampai pameran wisata.

"Yang menarik ada atraksi terjun payung, tapi tidak mendarat di darat, melainkan di lautan," tutur Awang.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berharap Festival Derawan dapat meningkatkan minat wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. "Dengan acara ini, kita seperti menaruh Derawan dalam peta. Orang-orang jadi tahu di mana Derawan itu," kata Mari.

Ia mengakui belum banyak orang yang pergi melancong ke Derawan. Padahal Kepulauan Derawan dengan 31 pulau tersebut memiliki beragam keelokan wisata bahari. Kawasan ini memiliki titik-titik menyelam yang cantik dengan lebih dari 400 spesies karang laut dan lebih dari 500 spesies ikan.

Selain itu, seperti dituturkan Awang, Kepulauan Derawan merupakan habitat bagi penyu hijau terbesar di Asia. Apalagi salah satu pulanya yaitu di Pulau Kakaban terdapat danau berisi ubur-ubur terbalik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X