Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Banyak Wisatawan Melancong ke Derawan

Kompas.com - 20/06/2013, 17:15 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Alam Kepulauan Derawan menyimpan daya tarik khas untuk menarik kunjungan wisatawan. Sayang, masih belum banyak wisatawan, terutama wisatawan Nusantara, yang melancong ke kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini.

"Saya sempat menyelam di Derawan, cantik sekali. Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dengan 460 spesies karang dan lebih dari 500 spesies ikan laut. Yang menarik di Pulau Kakaban ada danau ubur-ubur. Tapi masih jarang orang ke sana. Belum terlalu banyak," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu saat jumpa pers peluncuran Festival Derawan 2013, di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Ubur-ubur di danau tersebut uniknya tak menyengat dan terbalik. Danau ubur-ubur semacam itu, lanjutnya, hanya ada dua di dunia, yaitu di Derawan dan di Negara Palau.

"Kalau dibanding Palau, masih banyak yang bisa dikembangkan di Danau Kakaban. Wisatawan bisa main-main dengan ubur-ubur, ada empat jenis dan bisa kita pegang-pegang," kata Mari.

Sementara itu, Bupati Berau Makmur HAP K mengungkapkan bahwa akses bagi wisatawan domestik tidaklah sulit. "Dari Balikpapan ke Berau ada tujuh kali penerbangan. Lama penerbangan 45 menit," tuturnya.

Sementara itu, lanjut Makmur, perjalanan dari Tanjung Redep, ibu kota Kabupaten Berau, menuju Kepulauan Derawan bisa ditempuh dengan kapal selama dua jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com