Belum Banyak Wisatawan Melancong ke Derawan

Kompas.com - 20/06/2013, 17:15 WIB
Keindahan bawah laut di Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. DOK INDONESIA.TRAVELKeindahan bawah laut di Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com — Alam Kepulauan Derawan menyimpan daya tarik khas untuk menarik kunjungan wisatawan. Sayang, masih belum banyak wisatawan, terutama wisatawan Nusantara, yang melancong ke kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini.

"Saya sempat menyelam di Derawan, cantik sekali. Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dengan 460 spesies karang dan lebih dari 500 spesies ikan laut. Yang menarik di Pulau Kakaban ada danau ubur-ubur. Tapi masih jarang orang ke sana. Belum terlalu banyak," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu saat jumpa pers peluncuran Festival Derawan 2013, di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Ubur-ubur di danau tersebut uniknya tak menyengat dan terbalik. Danau ubur-ubur semacam itu, lanjutnya, hanya ada dua di dunia, yaitu di Derawan dan di Negara Palau.

"Kalau dibanding Palau, masih banyak yang bisa dikembangkan di Danau Kakaban. Wisatawan bisa main-main dengan ubur-ubur, ada empat jenis dan bisa kita pegang-pegang," kata Mari.

Sementara itu, Bupati Berau Makmur HAP K mengungkapkan bahwa akses bagi wisatawan domestik tidaklah sulit. "Dari Balikpapan ke Berau ada tujuh kali penerbangan. Lama penerbangan 45 menit," tuturnya.

Sementara itu, lanjut Makmur, perjalanan dari Tanjung Redep, ibu kota Kabupaten Berau, menuju Kepulauan Derawan bisa ditempuh dengan kapal selama dua jam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X