Kompas.com - 21/06/2013, 18:03 WIB
Wisatawan mengunjungi Pantai Dreamland, di Bali, Jumat (7/9/2012). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOWisatawan mengunjungi Pantai Dreamland, di Bali, Jumat (7/9/2012).
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan pemerintah akan mempermudah pengurusan visa, khususnya bagi wisatawan asing yang akan mengikuti pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Negara-negara Asia Pasifik (KTT APEC) di Bali, Oktober mendatang.

"Kami ada pertemuan-pertemuan di bidang pariwisata, ada yang akan membahas mengenai klasifikasi visa untuk mempermudah pergerakan antar negara APEC untuk tujuan tourism. Diharapkan ini bisa meningkatkan tourism," kata Mari saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Mari menambahkan rencana mempermudah pengurusan visa ini adalah inisiatif dari pemimpin-pemimpin negara APEC sehingga akan memudahkan delegasi-delegasi dari peserta negara APEC yang akan mengikuti pertemuan nanti.

Salah satu caranya adalah pemerintah akan merilis APEC Business Card. Kartu tersebut akan menjadi pengganti visa sehingga akan membedakan wisatawan yang akan berlibur atau mengikuti pertemuan APEC ini.

Nantinya, wisatawan asing yang menjadi delegasi APEC ini juga tidak perlu antre untuk mendapatkan APEC Business Card tersebut di sejumlah kedutaan besar Indonesia di negara-negara APEC. "Jadi ini lebih ke mempermudah dan mempercepat proses jika butuh visa. Dan untuk kategori tertentu suatu saat bebas visa. Namun untuk jangka panjang," katanya.

Terkait hal tersebut, pemerintah memang ingin mengembangkan pariwisata di masing-masing negara. Apalagi Indonesia sendiri menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing pada 2014 mencapai 10 juta wisatawan dan mencapai 25 juta wisatawan asing pada 2025.

"Jadi ini membuktikan ke seluruh dunia kalau langkah-langkah mempermudah pengurusan visa itu bisa meningkatkan wisatawan asing sebesar 10-20 persen," tambah Mari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X