Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia dan Brunei Ikut Festival Nunukan Gemilang

Kompas.com - 22/06/2013, 19:12 WIB
NUNUKAN, KOMPAS.com - Malaysia dan Brunei Darussalam mengutus peserta untuk mengikuti "Festival Nunukan Gemilang 2013" yang dipusatkan di Alun-Alun Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. "Keikutsertaan kedua negara tetangga tersebut menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi seluruh masyarakat dan pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan, Petrus Kanisius di Nunukan, Jumat (21/6/2013) malam.

Menurut Petrus, Malaysia telah beberapa kali mengikuti kegiatan tahunan yang sama, dan Brunei baru pertama kali ini. "Atas nama Pemerintah Kabupaten Nunukan, saya ucapkan selamat datang kepada utusan negara tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam di acara Festival Nunukan Gemilang 2013 ini," ujarnya.

Sebagai negara serumpun, Kabupaten Nunukan telah beberapa kali pula mengirimkan peserta pada kegiatan budaya yang dilaksanakan di Tawau dan Kota Kinabalu, Malaysia. Oleh karena itu, Petrus berharap hubungan komunikasi yang terjalin selama ini khususnya dalam bidang pariwisata dapat lebih ditingkatkan lagi.

Petrus memaparkan, pada acara ini Malaysia mengikutkan pesertanya sebanyak dua tim, sedangkan Brunei satu tim. Mereka telah menampilkan tarian adat dari kedua negara itu sebelum pembukaan "Festival Nunukan Gemilang 2013".

Festival Nunukan Gemilang 2013 yang bertema "Gerakmu, Musikmu, Napasku" ini diikuti 20 kontingen dengan jumlah peserta sebanyak 540 orang.

Petrus menambahkan, Festival Nunukan Gemilang 2013 berlangsung selama empat hari dengan jenis kegiatan yakni parade budaya pada Jumat (21/6/2013), tari pesisir dan tari pedalaman serta pemilihan duta wisata diadakan Sabtu (22/6/2013) dan Minggu (23/6/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com