Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati "Sunrise" di Puncak Langaneng

Kompas.com - 23/06/2013, 09:54 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

TIDAK lengkaplah jika sedang berada di Tahuna, dan tidak menyempatkan diri ke Puncak Langaneng. Di salah satu titik tertinggi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara ini, Anda bisa menyaksikan Teluk dan Kota Tahuna dengan sangat leluasa dan tentu indah.

Bukan hanya itu dari puncak ini juga, kontur Gunung Api Awu terlihat begitu jelas. Dan yang lebih mempesona, tentunya puncak "the real volcano" Gunung Api Karangetang di Kabupaten Sitaro terlihat seolah menyembul dari tengah lautan dan menerobos ke awan di langit.

"Baru kali ini saya melihat puncak Karangetang dengan begitu indah dan mempesona," ujar Joppy Mudeng, seorang dosen di Univesitas Sam Ratulangi, Manado yang baru-baru ini mengadakan penelitian di Sangihe dan menyempatkan diri memburu foto matahari terbit di Langaneng.

Ya, puncak Langaneng merupakan salah satu lokasi terbaik di Sangihe untuk menunggu matahari terbit (sunrise). Dari sini, kita dapat melihat fenomena warna-warni alam saat sunrise dengan begitu baik. Bola matahari keluar dari punggung gunung di kejauhan, seiring dengan perubahan warna langit yang menakjubkan.

Semakin tinggi, warna langit semakin berubah dan membuat cahaya dari gelap menjadi warna meneduhkan yang menyirami pengunungan di Tahuna. Udara di kawasan Langaneng yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Tabukan Utara ini terasa sangat sejuk. Kabut terlihat dengan jelas menutupi sebagian punggung gunung.

Warga di Langaneng memanfaatkan tanah yang subur dengan menanami sayur mayur yang kemudian di pasok ke Tahuna. Dari Langaneng, pengamat burung juga dengan leluasa dapat mengamati fenomena migrasi raptor setiap bulan Maret dan Oktober.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Seorang pengunjung sedang menikmati matahari terbit di Puncak Langaneng, Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.
Jika sudah puas menikmati suasana sunrise dan berfoto, mampirlah di warung warga yang menyediakan kopi panas dan pisang goreng plus sambalnya.

Sewaktu Kompas.com menyambangi Langaneng, beberapa fasilitas penunjang wisata sementara dibangun di puncak itu. Untuk masuk ke kawasan puncak Langaneng, pengunjung tidak dipungut bayaran. Dari Kota Tahuna sebagai ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe, Langaneng berjarak sekitar sembilan kilometer. Dengan berkendara bisa ditempuh selama 45 menit. Jalanan ke puncak Langaneng relatif mulus.

Selain puncak Langaneng, Sangihe sendiri masih mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Diantaranya, gunung berapi bawah laut Mahagetang, pantai tanah Leppe, terumbu karang sowang Kahakitang, pantai Embuhanga, pantai pulau Kemboleng dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com