Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datanglah ke Maluku Utara, Ada Festival Morotai

Kompas.com - 23/06/2013, 19:10 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), akan menggelar Festival Morotai 2013 sebagai salah satu upaya menarik minat wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pulau Morotai, Revi Dara di Ternate, Minggu (23/6/2013), mengatakan, Pemkab Pulau Morotai sudah mengkoordinasikan penyelenggaraan festival tersebut kepada Kementerian Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dan mendapat dukungan penuh.

Kepastian bulan penyelenggaraan belum ditetapkan, karena masih dikoordinasikan dengan berbagai pihak terkait, namun akan diupayakan pertengahan 2013.

Revi mengatakan, festival ini akan diselenggarakan di sejumlah obyek wisata di Pulau Morotai seperti berselancar yang dipusatkan di Sopi Morotai Jaya, menyelam di Pulau Tabailenge Kecamatan Morotai Timur.

Selain itu, untuk kegiatan seperti renang, mancing, kuliner, festival perahu kora-kora dan kegiatan pendukung lainnya akan dilangsungkan di sejumlah lokasi berbeda di Morotai. Sedangkan untuk perahu kora-kora nantinya akan dirancang perahu yang berciri khas Tobelo-Galela karena menyimbolkan budaya daerah.

Sementara untuk persiapan dari daerah, Revi mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan rapat koordinasi untuk membentuk panitia daerah. Sebab kegiatan tersebut jenis kegiatannya melekat pada beberapa instansi. "Kegiatan ini nantinya tidak hanya melekat pada dinas pariwisata saja, namun ada beberapa dinas yang akan terlibat," jelasnya.

KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO Salah satu pengisi acara dalam acara puncak Sail Morotai 2012 di desa Juanga, Morotai, Maluku Utara, Sabtu (15/9/2012) Sail Morotai adalah agenda untuk mempromosikan Pulau Morotai sebagai salah satu obyek wisata di Maluku Utara.
Kabupaten Pulau Morotai menyimpan sejumlah panorama obyek wisata terkenal seperti Pantai Tabailenge adalah tempat wisata yang sangat indah untuk dijadikan obyek wisata andalan, dan Pulau Dodola dengan pasir putihnya yang indah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com