Kompas.com - 23/06/2013, 20:52 WIB
Pelajar menyusuri sisi barat Keraton Yogyakarta saat berwisata di Yogyakarta, Rabu (19/12/2012). Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta mulai meningkat seiring telah berlangsungnya masa liburan akhir tahun pada sebagian sekolah. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOPelajar menyusuri sisi barat Keraton Yogyakarta saat berwisata di Yogyakarta, Rabu (19/12/2012). Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta mulai meningkat seiring telah berlangsungnya masa liburan akhir tahun pada sebagian sekolah.
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah obyek wisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/6/2013), ramai dikunjungi wisatawan pelajar dari berbagai daerah yang memanfaatkan musim liburan sekolah tahun ini.

Kunjungan wisatawan terbanyak adalah studi tur pelajar yang datang secara berombongan dengan menggunakan bus pariwisata, dan dilihat dari nomor polisi kendaraan yang mereka tumpangi di antaranya dari Jakarta, Bandung, Semarang, dan sejumlah kota di Pulau Jawa.

Sejumlah obyek wisata di daerah ini yang tampak ramai dikunjungi wisatawan pelajar antara lain Taman Wisata Candi Prambanan di perbatasan wilayah Provinsi DIY dan Jawa Tengah, Taman Pintar di Kota Yogyakarta, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, serta  Gembira Loka Zoo Yogyakarta.

Pemandu wisata di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Titik Ismurtini mengatakan pada masa liburan sekolah  tahun ini jumlah wisatawan yang mengunjungi keraton cukup banyak terutama rombongan pelajar dari berbagai daerah. Selain itu sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) juga mengunjungi obyek wisata tersebut.

Titik mengatakan sejak beberapa hari lalu memang banyak rombongan wisatawan pelajar dari luar daerah yang dipandu guru pendamping mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. "Mereka tampak tertarik dengan bentuk bangunan keraton, benda pusaka maupun Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang berada di lingkungan keraton," katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih mengatakan para pelaku usaha pariwisata di daerah ini perlu menaruh perhatian secara khusus terhadap wisatawan pelajar, karena potensi mereka besar sebagai wisatawan nusantara (wisnus).

Pasalnya, lanjut Widi, setiap liburan sekolah biasanya diprogramkan kunjungan ke berbagai obyek wisata di berbagai daerah di Indonesia, termasuk ke Provinsi DIY. "Setiap liburan sekolah, sejumlah obyek wisata di Yogyakarta selalu dipadati ribuan pelajar. Mestinya potensi ini ditangkap sebagai peluang bagi para pelaku usaha pariwisata di daerah ini," kata Widi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Widi berharap kunjungan wisatawan pelajar hendaknya mampu menjadi kegiatan untuk mengenal wawasan nusantara, dari desa ke desa, dan antarpulau, sehingga pariwisata mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Wisatawan pelajar bukan sekadar mengunjungi obyek wisata atau daerah tertentu, tetapi mestinya melalui kegiatan wisata mereka mengenal seni, adat istiadat maupun  budaya, memahami dan mendalami kekayaan alam yang beragam," tambah Widi.

Baca tentang


    Sumber Antara
    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X