Kompas.com - 24/06/2013, 08:27 WIB
Gado Gado Cemara. WWW.REKOMENDASI.MEGado Gado Cemara.
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com — Makanan yang satu ini termasuk cukup banyak yang berjualan, mulai dari penjual yang menggunakan gerobak sampai dengan restoran. Nah saya ingin merekomendasikan salah satu gado-gado terenak yang pernah saya makan di Jakarta.

Namanya gado-gado cemara. Ini menurut saya ini sudah termasuk legendaris karena sudah sejak tahun 1947, Niawati Setiawan mulai berjualan. Dulu pertama berjualan di Jalan Cemara dan pernah juga berpindah tempat ke Pasar Boplo pada tahun 1960 dan pada sekitar tahun 2002 pindah ke Jalan Wahid Hasyim No 10 Jakarta Pusat.

Kini gado-gado cemara sudah menetap di Jalan Tanah Abang V No 36, Jakarta Pusat, yang dikelola oleh generasi penerusnya, yaitu Daniel Suryadi.

Saya pesan satu porsi gado-gado dan satu menu istimewa lainnya, yaitu pesmol ikan tenggiri. Tentu ini menu favorit dan menu rekomendasi yang patut Anda coba kalau mampir ke tempat ini.

Gado-gado ini memang enak banget, mulai dari bahan-bahan yang pilihan dan disajikan dalam kondisi sayur yang masih terlihat segar dan direbus dengan kematangan yang menurut saya pas. Tahu yang digunakan juga enak dan lembut.

Tentu selain bahan pilihan, kunci gado-gado ini juga pada bumbu kacangnya. Bahan utamanya tetap menggunakan kacang tanah dan diberi sedikit campuran kacang mede. Hmmm... benar-benar nikmat.

WWW.REKOMENDASI.ME Ikan Pesmol
Menu lain yang saya coba adalah pesmol ikan tenggiri. Terus terang saya jarang menemukan menu seperti ini di tempat lain, dengan bahan utama potongan ikan tenggiri dengan kuah yang khas dan luar biasa rasanya. Rasanya asam manis dan sedikit pedas dan di dalam kuahnya banyak bawang merah yang masih utuh dan cabai. Rasa asamnya didapat dari penggunaan belimbing sayur (belimbing wuluh) dan tomat. Pokoknya menu ini nikmat dan segar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wah saya benar-benar puas dengan menu yang ada di sini, menikmati salah satu gado-gado legendaris yang ada di Jakarta dan menu pesmol ikan tenggirinya. Harga gado-gado Rp 27.000, ikan pesmol Rp 45.000. (Frans)

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X