Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Toraja Targetkan 5.000 Wisman

Kompas.com - 25/06/2013, 16:59 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Festival Toraja yang siap digelar pada Agustus 2013 di Tana Toraja dan Toraja Utara menargetkan sekitar 5.000 wisatawan mancanegara.

"Kami optimistis dapat menarik wisatawan berkunjung ke festival yang dirangkaikan dengan pertemuan saudagar Bugis Makassar," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, H Djufri Rahman di Makassar, Selasa (25/6/2013).

Dia mengatakan, pertemuan saudagar Bugis Makassar sudah menjadi agenda tahunan setiap hari raya Idul Fitri, karena rata-rata menjadi ajang mudik bagi perantau asal Sulsel yang bekerja maupun tinggal di Malaysia.

Menurut Djufri, pertemuan Bugis Makassar ini akan dihadiri sekitar 300 saudagar, sehingga menjadi menggelar festival sebagai suguhan mengobati kerinduan kampung halaman.

Mengenai ikon Tana Toraja untuk pariwisata, dia mengatakan, sudah terkenal sebagai obyek wisata alam dan budaya, sehingga akan lebih mudah dipasarkan ke dunia internasional.

Sementara itu, festival yang akan berlangsung pada 22-24 Agustus 2013, akan digelar di desa wisata Palawa Toraja Utara dengan enam agenda utama yakni Toraja Opera, Arts and Culinary Fair, Cultural Seminar dan Exhibition. Sedang kegiatan lainnya yakni seminar dan pameran dengan tema Reinventing Toraja, World Music Festival and Camp dan Sports Festival digelar menjelang penutupan.

DOK INDONESIA.TRAVEL Desa Kete Kesu di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Untuk peresmian festival dijadwalkan dibuka Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo dan dihadiri jajaran Muspida Sulsel. Sementara anggaran yang disiapkan untuk festival tersebut ditaksir mencapai Rp 4,5 miliar yang bersumber dari dana APBN, APBD Provinsi Sulsel dan APBD kabupaten setempat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com