Festival Toraja Targetkan 5.000 Wisman

Kompas.com - 25/06/2013, 16:59 WIB
Warga Kecamatan Sesean Suloara', Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mengenakan pakaian perang tradisional dalam pesta adat Rambu Tuka', Jumat 31 Agustus 2007. Beragam kebudayaan dan adat istiadat dihadirkan dalam pesta ungkapan rasa syukurbagi Suku Toraja ini.  KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYATWarga Kecamatan Sesean Suloara', Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mengenakan pakaian perang tradisional dalam pesta adat Rambu Tuka', Jumat 31 Agustus 2007. Beragam kebudayaan dan adat istiadat dihadirkan dalam pesta ungkapan rasa syukurbagi Suku Toraja ini.
EditorI Made Asdhiana
MAKASSAR, KOMPAS.com - Festival Toraja yang siap digelar pada Agustus 2013 di Tana Toraja dan Toraja Utara menargetkan sekitar 5.000 wisatawan mancanegara.

"Kami optimistis dapat menarik wisatawan berkunjung ke festival yang dirangkaikan dengan pertemuan saudagar Bugis Makassar," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, H Djufri Rahman di Makassar, Selasa (25/6/2013).

Dia mengatakan, pertemuan saudagar Bugis Makassar sudah menjadi agenda tahunan setiap hari raya Idul Fitri, karena rata-rata menjadi ajang mudik bagi perantau asal Sulsel yang bekerja maupun tinggal di Malaysia.

Menurut Djufri, pertemuan Bugis Makassar ini akan dihadiri sekitar 300 saudagar, sehingga menjadi menggelar festival sebagai suguhan mengobati kerinduan kampung halaman.

Mengenai ikon Tana Toraja untuk pariwisata, dia mengatakan, sudah terkenal sebagai obyek wisata alam dan budaya, sehingga akan lebih mudah dipasarkan ke dunia internasional.

Sementara itu, festival yang akan berlangsung pada 22-24 Agustus 2013, akan digelar di desa wisata Palawa Toraja Utara dengan enam agenda utama yakni Toraja Opera, Arts and Culinary Fair, Cultural Seminar dan Exhibition. Sedang kegiatan lainnya yakni seminar dan pameran dengan tema Reinventing Toraja, World Music Festival and Camp dan Sports Festival digelar menjelang penutupan.

DOK INDONESIA.TRAVEL Desa Kete Kesu di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Untuk peresmian festival dijadwalkan dibuka Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo dan dihadiri jajaran Muspida Sulsel. Sementara anggaran yang disiapkan untuk festival tersebut ditaksir mencapai Rp 4,5 miliar yang bersumber dari dana APBN, APBD Provinsi Sulsel dan APBD kabupaten setempat.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X