Kompas.com - 26/06/2013, 14:35 WIB
EditorI Made Asdhiana
AMBON, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Sriwijaya meminta penambahan frekuensi penerbangan ke Bandara Pattimura Ambon. "Pihak Sriwijaya telah menyurati kami menyatakan penambahan frekuensi penerbangan dari Jakarta dan Makassar ke Ambon," kata Manajer Umum Angkasa Pura Ambon, Halendra Woworuntu, di Ambon, Rabu (26/6/2013).

Menurut Halendra, frekuensi penerbangan Sriwijaya di Bandara Pattimura hanya satu kali, yakni rute Jakarta-Makassar-Ambon pukul 12.20 WIT dan berangkat kembali pukul 12.45 WIT.

"Permintaan tambahan penerbangan sedang kami koordinasikan mengingat aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir," katanya.

Menurut Halendra, rencana tersebut akan membuat aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura semakin ramai. "Frekuensi penerbangan diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang dalam menggunakan transportasi udara," katanya.

Dia mengaku bahwa rencana penambahan penerbangan merupakan indikator tingkat kepercayaan masyarakat untuk mengunjungi Maluku, khususnya Kota Ambon semakin membaik.

"Hal ini juga berarti daya beli masyarakat menggunakan jasa penerbangan semakin meningkat, sehingga dipastikan juga investor akan berinvestasi di Maluku," katanya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pesawat Sriwijaya Air

Halendra menjelaskan penambahan maskapai harus didukung daya jual wisata yang menarik, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. "Selama ini wisatawan sudah bosan mengunjungi tempat wisata buatan, mereka ingin kembali ke wisata alam, dan Ambon sebagai potensi menarik untuk memajukan pariwisata," katanya.

Penambahan maskapai dan frekuensi penerbangan, lanjut Halendra, membuat pihaknya berupaya meningkatkan kualitas pelayanan penumpang serta penyediaan fasilitas yang lebih baik.

"Kami akan konsisten melayani penumpang. Prinsipnya Bandara Pattimura boleh kecil, tetapi pelayanannya harus lebih unggul dibandingkan bandara lain. Ibaratnya hotel bintang tiga pelayanan bintang lima," tambah Halendra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.