Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Aman Berlibur ke Eropa? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 28/06/2013, 09:28 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis


SINGAPURA, KOMPAS.com — Berjalan-jalan ke Eropa tentu menarik. Namun, jika sampai mengalami travel scam atau ditipu, tentu saja mood berlibur bisa sangat terganggu. Ini lima tips untuk menghindarinya.

1. Hati-hati menggunakan taksi! Jangan sampai uang Anda "diperas" sopir taksi. Ingat selalu bertanya kepada penduduk setempat apakah taksi di kota itu dapat dipercaya dan berapa harga standar. Catat nama pengemudi, perusahaan taksi, dan pelat taksi. Tentu Anda tidak mau dibawa berkeliling tidak jelas ketika meteran harga terus meningkat.

2. Jauhi kesempatan foto tiba-tiba. Tidak sedikit yang menawarkan kesempatan foto bersama, biasanya dengan kostum unik. Hati-hati! setelah berfoto, mereka akan meminta uang dan bisa sangat marah jika Anda menolak memberikan. Jangan pernah ragu untuk mengatakan tidak.

3. Waspadai gelang persahabatan dan bunga. Ketika penulis mengunjungi Italia, terutama di Milan dan Roma, banyak orang Afrika yang menawarkan gelang persahabatan dan bunga mawar. Mereka akan berusaha mengalungkan gelang itu ke pergelangan tangan Anda sebagai hadiah.

Jauhilah mereka dan amankan lengan Anda. Jika gelang itu sudah melekat dan bunga telah diterima, Anda akan dipaksa membayar ratusan ribu rupiah.

4. Jangan tanda tangani petisi. Akan banyak yang meminta untuk menandatangani petisi, terutama di Paris. Petisi umumnya meminta dukungan kegiatan charity. Jangan menggoreskan tinta Anda!

Ketika Anda membubuhkan tanda tangan, mereka akan meminta uang dalam jumlah ratusan ribu rupiah. Cukup katakan tidak kepada mereka. Jangan tersentuh jika yang memberi petisi anak kecil atau ibu hamil. Mereka umumnya sudah bersekongkol untuk menipu.

5. Ingat "kantung ajaib". Pickpocket harus diwaspadai. Akan lebih baik untuk meletakkan nominal kecil di dompet. Nominal besar, barang berharga, dan kartu-kartu penting seperti kartu ATM dan paspor sebaiknya disimpan di "kantung ajaib" yang dapat diikatkan di perut Anda. Jagalah agar kantung itu tidak kelihatan terlalu jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com