Perempuan Lebih Piawai Merencanakan Liburan

Kompas.com - 28/06/2013, 14:16 WIB
Wisatawan mancanegara tiba di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat untuk mencari tempat menginap, Kamis (3/1/2013). Menurut data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia bulan November 2012 mencapai 693,9 ribu orang, naik 5,94 persen dibanding November 2011. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mancanegara tiba di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat untuk mencari tempat menginap, Kamis (3/1/2013). Menurut data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia bulan November 2012 mencapai 693,9 ribu orang, naik 5,94 persen dibanding November 2011.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Merencanakan liburan mungkin bukan hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Menurut hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh situs perjalanan Skyscanner, yang dilakukan kepada seribu pelancong internasional, hampir tiga perempat dari responden perempuan mengatakan mereka paling banyak melakukan perencanaan liburan.

"Merencanakan sebuah liburan tidak hanya berarti memutuskan apa yang dilakukan dan dikunjungi, tetapi juga cara menggunakan anggaran dengan bijak," ujar Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (26/6/2013).

Dari hasil riset, para laki-laki mengakui bahwa perempuan lebih cakap dalam mengerjakan perencanaan dan mampu menemukan tawaran wisata yang lebih menarik. Hal tersebut, karena laki-laki berpikir bahwa tuntutan perempuan dalam merencanakan liburan lebih banyak.

"Hasil dari riset kami menunjukkan bahwa ketika merencanakan liburan terdapat tingkat  pengertian yang tinggi antara para laki-laki dan perempuan di mana perempuan merupakan orang yang paling terlibat dengan perencanaan perjalanan dan laki-laki menghormati keputusan mereka. Hal ini juga menunjukkan betapa besar kepercayaan laki-laki pada perempuan untuk menyusun rencana liburan mereka," paparnya.

Hal yang paling kritis antara laki-laki dan perempuan dalam perencanaan liburan adalah menentukan anggaran. Hampir satu dari sepuluh responden mengaku bahwa mereka selalu berselisih pendapat untuk urusan uang.

Sementara itu urusan penerbangan adalah yang paling sedikit menimbulkan perbedaan pendapat.

"Menyusun rencana perjalanan bisa melelahkan, khususnya ketika bukan hanya kesenangan Anda sendiri yang harus dipikirkan tetapi kesenangan pasangan Anda, teman atau keluarga," katanya.

Meski demikian, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa terdapat satu kesepakatan antara laki-laki dan perempuan perihal perencanaan liburan, yakni 95 persen responden perempuan dan 97 persen responden laki-laki menyatakan mereka senang dengan pengaturan pengambilan keputusan yang berlangsung. (*)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X