Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Mengajak Si Kecil Nonton Wayang

Kompas.com - 28/06/2013, 17:21 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada rencana apa untuk mengisi akhir pekan minggu depan? Masih dalam suasana liburan sekolah, saatnya mengajak si kecil untuk melihat Festival Wayang Indonesia 2013.

"Festival Wayang ini akan diselenggarakan pada 4 sampai 7 Juli 2013," kata Ketua Yayasan Total Indonesia, Edy Mulyadi, saat acara Lokakarya Pelestarian Wayang di Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Yayasan Total Indonesia sejak tahun 2011 menyelenggarakan secara rutin Festival Wayang Indonesia, bekerja sama dengan Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (Sena Wangi), Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi), dan Museum Wayang Jakarta.

"Kami membuat kesepakatan bersama dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan pewayangan Indonesia," ungkap Edy.

Ia menambahkan bahwa festival ini akan bertempat di Taman Fatahillah. Sejak tahun 2011, festival tersebut selalu menempati area yang sama. Menurut Edy, pemilihan tempat sengaja berada di area publik.

"Sifatnya seperti pesta rakyat. Kami tidak ingin di gedung atau ruang ber-AC, harus di ruang publik terbuka. Tidak perlu diundang pun, selalu ada pengunjungnya," tutur Edy.

Apa saja yang bisa disaksikan dalam festival ini? Edy mengatakan dalam festival akan ada pergelaran wayang-wayang yang sudah hampir punah sampai wayang kontemporer. Selain itu ada kompetisi dalang muda yang diikuti 13 provinsi.

Festival juga dimeriahkan dengan bazaar yang diisi oleh pengrajin wayang dan barang-barang terkait dengan pewayangan. Ada pula wisata kuliner yang diisi oleh pedagang-pedagang kaki lima. Acara lainnya adalah lomba lukis wayang.

Edy berharap dengan adanya festival ini, wayang akan digemari kaum muda. "Kami pernah mengadakan survei di kota-kota besar tahun lalu, bagaimana minat generasi muda pada wayang. Kesimpulannya, wayang perlu digalakkan. Kalau dibiarkan tanpa ada usaha menarik generasi muda, wayang akan tergeser oleh zaman," tambah Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com