Kompas.com - 29/06/2013, 08:31 WIB
Rawon Bromo. KOMPAS.COM/IRFAN MAULLANARawon Bromo.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Dinginnya udara di pengunungan Bromo kerap membuat perut setiap pelancong merajuk lapar. Kalau sudah begini, sepiring nasi rawon hangat bisa jadi yang paling pas untuk disantap.

Bila Anda sedang berwisata ke Bromo tak ada salahnya untuk mencicipi masakan khas Jawa Timur ini yang dihidangkan di Warung Siang-Malam. Namanya Rawon Bromo yang menggugah selera makan hanya dengan merogoh Rp 15.000 untuk satu porsi.

Pasalnya, tak seperti rawon ala Surabaya yang kebanyakan dikenal lazim mencampurkan daging sapi dalam potongan dadu dengan kuah berbumbu keluwak nan gurih. Di warung ini rawon justru lebih khas dengan sekerat empalnya yang menjadi lauk tambahan.

Selain mencicipi Rawon Bromo yang sudah termasyhur di sana. Jika beruntung Anda akan bertemu dengan si empunya warung, Mbah Waris. Biasanya, laki-laki berusia 70 tahun itu akan setia menemani para pengunjung dengan dongeng-dongengnya seputar kegagahan Gunung Bromo yang hingga saat ini masih aktif dan terdaftar dalam salah satu "Cincin Api".

Seperti halnya ketika Kompas.com berkunjung ke Warung Siang Malam Rawon Bromo, Sabtu (22/6/2013) malam. Sambil menjajakan rawon dagangannya, Mbah Waris banyak mendongeng mengenai tradisi kepercayaan yang kerap dilakukan masyarakat Tengger, dan hal-hal mistis di dalamnya, termasuk pula cerita tentang amuk Bromo pada 2010.

KOMPAS.COM/IRFAN MAULLANA Mbah Waris
Bagi Mbah Waris, mendongeng seperti demikian sangat menyenangkan baginya. "Saya senang kumpul-kumpul begini. Kalau kumpul, terus orang senang, saya tinggal berharap ada berkah dari Gusti Ilahi," ujar Waris.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.