Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Indonesia Layani Rute Bali-Darwin

Kompas.com - 01/07/2013, 20:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia Indonesia, resmi mengoperasikan rute penerbangan Bali-Darwin pada Senin (1/7/2013). Penerbangan perdana dengan pesawat Airbus A320 ini lepas landas dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, hari ini pukul 14.50 WITA dan akan tiba di Bandara Darwin pada pukul 18.55 waktu setempat.

Untuk selanjutnya, AirAsia Indonesia mengoperasikan rute Bali-Darwin sebanyak 4 kali dalam seminggu setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Adapun rute penerbangan Bali-Darwin ditempuh dalam waktu 2 jam 35 menit.

AirAsia Indonesia menyesuaikan jadwal penerbangan dengan kebutuhan dan kenyamanan penumpang, yakni dari Bali berangkat pukul 14.50 WITA dan tiba pada pukul 18.55 waktu Darwin. Sementara itu, penerbangan dari Darwin berangkat pukul 19.30 dan tiba di Bali pukul 20.40 WITA.

“Hari ini adalah hari yang menggembirakan bagi kami, karena dapat kembali memberikan ke pelanggan sebuah pilihan penerbangan dengan tarif yang kompetitif menuju Darwin, Australia," kata CEO AirAsia Indonesia Dharmadi, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (1/7/2013).

Darwin merupakan gerbang utama bagi wisatawan mancanegara yang ingin berlibur di kawasan Australia Utara. Ibu kota Kawasan Australia Utara ini menawarkan beragam destinasi wisata bersejarah dan alam yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung.

Destinasi-destinasi tersebut seperti East Point Reserve yang merupakan sebuah peninggalan sejarah Perang Dunia ke-II, serta Museum and Art Gallery of Northern Territory yang mengajak pengunjung menikmati beragam koleksi sejarah dan kebudayaan Aborigin. Ada pula Springs Nature Park, sebuah taman piknik terkenal dan pengunjung dapat menikmati keindahan alam melalui teropong.

“Respon pelanggan terhadap rute Bali-Darwin sangat bagus, dilihat dari penjualan yang cukup tinggi sejak rute ini diluncurkan pada April," kata Dharmadi.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat Australia Utara pun menyambut dengan gembira kedatangan AirAsia, sebagaimana tercermin pada tingkat keterisian penerbangan perdana Darwin-Bali yang mencapai 100 persen.

Rute Bali-Darwin ini, tambahnya, akan meningatkan akses transportasi udara antara Indonesia dan Australia, serta diharapkan ikut mendorong pengembangan kegiatan bisnis dan pariwisata antar kedua negara.

“Kami akan terus meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Australia Utara, Bandara Darwin, dan pelaku industri pariwisata setempat guna memastikan kesuksesan rute ini. Tujuan kami adalah untuk mengakomodir seluruh lapisan masyarakat mulai dari keluarga sampai dengan pelaku bisnis dengan penerbangan yang nyaman dan terjangkau," jelasnya.

Sementara itu, Commercial Director AirAsia Indonesia Bernard Francis mengatakan rute baru ini juga akan meningkatkan konektivitas pelanggan yang berada di kawasan Australia Utara menuju beragam destinasi di Asia.

“Bali bukan hanya menjadi tempat liburan favorit bagi masyarakat Australia, namun Bali juga merupakan sebuah hub bagi mereka yang ingin melanjutkan perjalanan menuju kota liburan favorit dunia seperti Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Chengdu, Beijing, Shanghai, Tokyo, Osaka, Kathmandu, Singapore, Seoul, dan Bangkok,” kata Bernard.

Selain itu, tambahnya, bagi warga Australia, khususnya Darwin, yang ingin mengeksplorasi kota-kota lainnya di Indonesia, mereka dapat melanjutkan penerbangan bersama AirAsia menuju Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

“Kami senang AirAsia kembali melayani rute Darwin-Bali. Kini masyarakat Australia Utara memiliki lebih banyak pilihan penerbangan di rute ini dengan tarif yang terjangkau," Chief Minister Northern Territory, Adam Giles.

Sementara itu, Northern Territory Airports Director Airline and Airport Services Jim Parashos mengatakan AirAsia tidak saja memberikan lebih banyak opsi penerbangan kepada masyarakat di kota tersebut.

"Lebih dari itu, masyarakat luas Australia Utara dari Karratha, Port Hedland, Broome, Kununurra, Mount Isa dan Townsville juga dapat menikmati penerbangan hemat AirAsia menuju Bali,” tuturnya

Dibukanya rute penerbangan Bali-Darwin ini merupakan komitmen AirAsia Indonesia untuk terus meningkatkan konektivitas dari dan menuju Australia. AirAsia Indonesia saat ini juga sudah melayani penerbangan Bali-Perth dengan frekuensi penerbangan sebanyak 4 kali setiap hari, bertambah dari sebelumnya 3 kali sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com