Kompas.com - 03/07/2013, 13:12 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
MANADO, KOMPAS.com - Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Jerman, mendominasi jumlah kunjungan wisata ke Sulawesi Utara (Sulut), selama Mei 2013.

"Dari 1.693 orang Wisman yang mengunjungi Sulut pada Bulan Mei, 172 orang di antaranya berasal dari Jerman," kata Kepala Badan Pusat Statitik (BPS) Sulut, Faizal Anwar, di Manado, Selasa (2/7/2013).

Faizal mengatakan, jumlah wisatawan yang masuk ini dihitung dari pintu masuk Bandara Samratulangi, dan mengalami peningkatan 251 orang atau 17,41 persen, dibandingkan dengan periode yang sama, pada tahun sebelumnya.

Namun ia mengatakan, dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni April 2013,  angka ini justru mengalami penurunan sekitar 4,00 persen atau berkurang 70 orang.

"Selain wisman dari Jerman, ada juga dari Asia, yakni Singapura, Amerika, Jepang, Korea Selatan, Cina, Hongkong, Australia dan beberapa negara Eropa, Asia, hingga Timur Tengah," katanya.

Ia menyebutkan, kebanyakan wisatawan tersebut, mengunjungi lokasi-lokasi wisata bawah air di Manado, seperti Bunaken dan keindahan alam lainnya, seperti ke Minahasa dan Bukit Kasih Kanonang serta sejumlah tempat lainnya.  

Jumlah wisatawan yang datang ke Sulut tersebut masing-masing Singapura 158 orang, Malaysia 80 orang, Jepang 110 orang, Korea Selatan 17 orang, Taiwan satu orang, Cina 41 orang, India 11 orang.

Sedangkan dari Filipina 24 orang, Hongkong 41 orang, Thailand 28 orang, Australia 92 orang, Amerika 138 orang, Inggris 82 orang, Belanda 92 orang, Jerman 172 orang, Perancis 93 orang, Rusia 12 orang, Saudi Arabia empat orang, dan lainnya 497 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.