Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Jerman ke Sulut Meningkat

Kompas.com - 03/07/2013, 13:12 WIB
MANADO, KOMPAS.com - Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Jerman, mendominasi jumlah kunjungan wisata ke Sulawesi Utara (Sulut), selama Mei 2013.

"Dari 1.693 orang Wisman yang mengunjungi Sulut pada Bulan Mei, 172 orang di antaranya berasal dari Jerman," kata Kepala Badan Pusat Statitik (BPS) Sulut, Faizal Anwar, di Manado, Selasa (2/7/2013).

Faizal mengatakan, jumlah wisatawan yang masuk ini dihitung dari pintu masuk Bandara Samratulangi, dan mengalami peningkatan 251 orang atau 17,41 persen, dibandingkan dengan periode yang sama, pada tahun sebelumnya.

Namun ia mengatakan, dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni April 2013,  angka ini justru mengalami penurunan sekitar 4,00 persen atau berkurang 70 orang.

"Selain wisman dari Jerman, ada juga dari Asia, yakni Singapura, Amerika, Jepang, Korea Selatan, Cina, Hongkong, Australia dan beberapa negara Eropa, Asia, hingga Timur Tengah," katanya.

Ia menyebutkan, kebanyakan wisatawan tersebut, mengunjungi lokasi-lokasi wisata bawah air di Manado, seperti Bunaken dan keindahan alam lainnya, seperti ke Minahasa dan Bukit Kasih Kanonang serta sejumlah tempat lainnya.  

Jumlah wisatawan yang datang ke Sulut tersebut masing-masing Singapura 158 orang, Malaysia 80 orang, Jepang 110 orang, Korea Selatan 17 orang, Taiwan satu orang, Cina 41 orang, India 11 orang.

Sedangkan dari Filipina 24 orang, Hongkong 41 orang, Thailand 28 orang, Australia 92 orang, Amerika 138 orang, Inggris 82 orang, Belanda 92 orang, Jerman 172 orang, Perancis 93 orang, Rusia 12 orang, Saudi Arabia empat orang, dan lainnya 497 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com